Beranda Kesehatan Ternyata Ini 5 Manfaat Petai Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ternyata Ini 5 Manfaat Petai Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

85
Petai (Foto: iStock)

Beritapasundan.com- Siapa yang tidak tahu dengan petai, biasanya masyarakat menjadikan petai sebagai lalapan maupun campuran nasi goreng, atau yang lainnya.

Namun tidak sedikit orang yang menghindari memakan petai karena bisa menimbulkan bau mulut, atau pening kepala.

Meskipun demikian, dilansir dari Alodokter.com petai juga memiliki manfaat bagi kesehatan juga loh diantaranya sebagai berikut.

Baca juga: Kenali Ini 5 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

1. Mengontrol gula darah

Kadar gula darah tinggi merupakan salah satu tanda penyakit diabetes. Jika dibiarkan berkepanjangan, kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya.

Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kadar gula darah guna mencegah penyakit diabetes dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi diabetes. Gula darah bisa dikontrol dengan rutin olahraga serta mengonsumsi makanan sehat dan membatasi asupan gula.

Salah satu makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah adalah petai. Ini berkat kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol pada petai yang dapat menjaga agar gula darah tidak melonjak.

Baca juga: Ini 4 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

2. Melawan radikal bebas

Petai merupakan salah satu makanan dengan kadar antioksidan tinggi yang bisa menangkal dampak radikal bebas pada sel-sel tubuh. Kerusakan sel akibat radikal bebas ini bisa menimbulkan beragam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, katarak penuaan dini, dan diabetes.

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Petai merupakan sumber serat yang baik. Dengan memenuhi asupan serat yang cukup, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.

Selain itu, serat juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan dan ngemil bisa berkurang. Hal ini menjadikan petai sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Baca juga: Simak! Ini Dampak Sering Masturbasi, Bisa Berakibat Fatal

4. Menjaga kesehatan jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna menunjang kelangsungan hidup. Karena perannya begitu penting, kesehatan jantung harus senantiasa dijaga. Salah satu makanan yang dianggap baik untuk jantung adalah petai.

Ini berkat kandungan serat, antioksidan, serta kalium di dalam petai. Kalium merupakan elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Sedangkan serat dan antioksidan pada petai dapat membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung.

5. Mengatasi Infeksi

Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak petai terlihat dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi. Temuan ini memberi petunjuk bahwa petai berpotensi sebagai antibakteri dan antijamur.

Akan tetapi, data tersebut belum dapat menyimpulkan bahwa manfaat petai terbukti efektif dan aman digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi.

Ada banyak manfaat petai bagi kesehatan yang tidak kita sadari. Sayangnya, beberapa manfaat petai tersebut baru diketahui melalui beberapa penelitian berskala kecil. Oleh sebab itu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat petai secara medis sebagai pengobatan.