Beranda Uncategorized Sebanyak 7 Mahasiswa UBP Karawang Ikuti Student Exchange ke Thailand

Sebanyak 7 Mahasiswa UBP Karawang Ikuti Student Exchange ke Thailand

40
Para Mahasiswa UBP Karawang yang akan mengikuti student Exchange ke Thailand (Foto: Ist)

KARAWANG – Sebanyak tujuh mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang mengikuti perkuliahan di luar negeri melalui program student exchange.

Delegasi tujuh mahasiswa ini aktif mengikuti perkuliahan di Rajamangala University of Technology Krungthep, Thailand selama satu bulan, atau sampai 19 Desember 2023.

Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM, menyampaikan, program student exchange ini menjadi salah satu implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa.

Baca juga: Visi Misi Kampus Resmi Diubah, Begini Penjelasan Rektor UBP Karawang

Tujuh mahasiswa yang diberangkatkan ini dari dua program studi (prodi) Psikologi dan Farmasi UBP Karawang. “Mereka mengikuti perkuliahan di sana yang kreditnya dapat dimasukkan ke dalam SKS. Mahasiwa kami akan berada di sana selama satu bulan, kemudian setelahnya tetal mengikuti kuliah daring di sini, sambil dipantau dan dibimbing oleh dosen,” kata dia, Kamis, 7 Desember 2023.

Menurutnya, program student exchange ini mengundang antusiasme tinggi, khususnya dari orang tua mahasiswa terpilih.

Adapun kriteria mahasiswa yang masuk klasifikasi program student exchange di antaranya memiliki nilai akademik yang memuaskan, mampu berbahasa asing dibuktikan dengan sertifikat, memiliki kemampuan yang beradaptasi dengan budaya dari negara tujuan.

Baca juga: FEB UBP Karawang Gelar Pembekalan Kerja Praktik untuk Mahasiswa

Output dari program ini, mereka akan ditugaskan menyusun research. Research tersebut akan menjadi tugas akhir sebagai syarat mendapatkan gelar sarjana, setelah terbit diterbitkan pada jurnal terindeks sinta maupun scopus.

Sementara itu, salah satu mahasiswa yang lolos program student exchange dari Fakultas Psikologi, Syahna Arzia mengaku sangat beruntung bisa mendapatkan kesempatan emas untuk menimba ilmu di Thailand.

“Ya sangat senang sih bisa lolos dan menimba ilmu di Thailand, tentunya dengan kultur akademik yang berbeda, ini menjadi antusiasme kita untuk terus berkembang,” tandasnya. (*)