Beranda Kesehatan Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan: Keajaiban Kesehatan dalam Buah Tropis yang Terlupakan

Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan: Keajaiban Kesehatan dalam Buah Tropis yang Terlupakan

14
Buah Duku (Foto: iStock)

Beritapasundan.com- Buah duku, atau yang dikenal juga dengan nama latin Feroniella lucida, adalah buah tropis yang sering kali terabaikan namun kaya akan manfaat bagi kesehatan manusia.

Buah ini biasanya tumbuh di daerah tropis seperti Asia Tenggara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Meskipun buah duku tidak sepopuler buah-buahan lainnya, namun kandungan nutrisinya yang kaya membuatnya layak diperhitungkan dalam pola makan sehari-hari. Berikut adalah beberapa manfaat buah dukuh bagi kesehatan:

Baca juga: Panduan Mengkonsumsi Durian yang Aman dan Tetap Nikmat

1. Kaya akan Antioksidan

Buah duku mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah duku juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kekenyalan dan kelembaban kulit, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah duku juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi, yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit.

Baca juga: Cafe Pasir Angin Pas Bogor, Kedai Kopi Berkonsep Alam

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah duku mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina, memelihara penglihatan malam, dan melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Membantu Pencernaan

Buah duku mengandung serat yang tinggi, yang bermanfaat untuk pencernaan. Serat membantu memperlancar saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan serat dalam buah duku juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan demikian, konsumsi buah dukuh secara teratur dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Baca juga: Ini Tiga Manfaat Senam Kegel, Bisa Tingkatkan Kejantanan Pria

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam buah duku juga membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan berlebihan.

Dengan demikian, buah duku dapat menjadi bagian dari pola makan sehat bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Dengan beragam manfaat kesehatan yang ditawarkannya, buah duku layak untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari.

Dengan konsumsi yang teratur, buah duku dapat menjadi tambahan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.