Beranda Headline Banyaknya Gedung Sekolah Ambruk, Kadisdik Sebut Pemkab Karawang Tak Prioritaskan Sektor Pendidikan

Banyaknya Gedung Sekolah Ambruk, Kadisdik Sebut Pemkab Karawang Tak Prioritaskan Sektor Pendidikan

141

KARAWANG – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang mencatat, 631 bangunan sekolah di Karawang mengalami kerusakan.

Di antaranya, 468 sekolah rusak di tingkat SD dan 163 di tingkat SMP.

Kepala Disdikpora Asep Junaedi beralasan, banyaknya bangunan sekolah yang rusak lantaran pemerintah daerah lebih memprioritaskan anggaran di bidang lain seperti infrastruktur, kesehatan dan lainnya.

“Untuk usulan perbaikan ruang sekolah ini sejak tahun 2020, pertama kali saya masuk,” kata dia.

Baca Juga: Ratusan Siswa Baru SDN Cibalongsari 3 Klari Antusias Ikuti MPLS

Menurutnya, realisasi anggaran yang diberikan Pemerintah Daerah sangat terbatas. Apalagi saat pandemi COVID-19 banyak anggaran yang di-refocussing.

Sehingga, pihaknya terpaksa menerapkan skala prioritas dalam melakukan perbaikan bangunan sekolah.

“Kalau untuk jumlah kelas yang rusak itu tentunya saya ingin ini bisa diperbaiki. Tetapi, anggaran kita dari pemerintah daerah terbatas, jadi tidak semuanya bisa di-cover,” jelasnya.

Dirinya berharap, pemerintah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Karawang dapat memprioritaskan anggaran perbaikan bangunan sekolah rusak, agar di tahun 2023 sampai 2024 tidak ada lagi kabar bangunan sekolah yang ambruk.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UBP Karawang Gelar Cek Kesehatan Gratis untuk Warga Desa Merkarpohaci

“Kita akan terus berupaya agar tidak ada lagi ruang kelas yang mengalami kerusakan hingga ambruk di tahun 2023 ataupun 2024. Tentunya kalau anggaran yang direalisasikan sesuai dengan usulan dinas,” tutupnya.

Di akhir kata, ia menyebut, hanya 162 ruangan ditingkat SD yang akan dilakukan perbaikan dengan memanfaatkan total anggaran Rp10,8 Milyar.

Kemudian, 78 bangunan ditingkat SMP yang rusak akan selesai diperbaiki pada tahun 2022 ini, dengan anggaran yang disediakan Rp8 Milyar. (kii/ddi)

Artikulli paraprakJajaran Direksi RSKP Karawang Beri Ucapan Ultah untuk Cellica
Artikulli tjetërUBP Karawang Kembali Cetak Sarjana Baru, Rektor: Jangan Tinggalkan Jati Diri