Beranda News Mahasiswa KKN UBP Karawang Gelar Cek Kesehatan Gratis untuk Warga Desa Merkarpohaci

Mahasiswa KKN UBP Karawang Gelar Cek Kesehatan Gratis untuk Warga Desa Merkarpohaci

285

KARAWANG- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar cek kesehatan masyarakat di Desa Mekarpohaci, Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang.

Divisi Kesehatan KKN UBP Desa Merkarpohaci, Allahuddin mengungkapkan latar belakang dilaksanakan nya cek kesehatan untuk warga berawal dari kekhawatiran meningkatnya kolesterol maupun tekanan darah akibat mengkonsumsi daging berlebih saat Idul Adha.

“Pasti masyarakat dapat banyak bingkisian daging sapi maupun kambing saat Idul Adha, mengkonsumsinya secara berlebihan bisa saja meningkatkan kolesterol dalam tubuh dan juga tekanan darah tinggi,” kata Allahuddin, Selasa (12/7)

Allahuddin juga menjelaskan pemeriksaan kesehatan dengan prioritas para lansia di kampung Cigobang Desa Merkarpohaci yang jauh dari puskesmas.

Baca Juga: Amalkan Tri Dharma, Dosen UBP Karawang Beri Edukasi Para Siswa SMK Farmasi Purwakarta

“Target kami yakni kampung Cigobang yang mana dilihat dari akses untuk menuju Puskesmas lumayan jauh sehingga kami memulai titik pemeriksaan di kampung tersebut,” ujarnya.

Menurut pengakuan Allahuddin selama pemeriksaan berlangsung ternyata data menunjukkan beberapa masyarakat mengalami tekanan darah tinggi yang diakibatkan berlebihan mengkonsumsi daging.

“Kami mengantisipasi dengan memberikan obat Amlodipine 5 mg dan memberikan Vitamin C 500 mg, namun tentunya kami pun memberikan himbauan untuk obat penurun darah tinggi bisa diberikan jika pasien tidak memiliki riwayat sakit maag dan ketika ditensi memiliki darah yang cukup tinggi serta vitamin untuk pasien yang tidak memiliki riwayat penyakit sama sekali,” jelasnya.

Baca Juga: Minum Kopi Setiap Hari Buat Hidup Lebih Lama, Cek Faktanya!

Selain Cek kesehatan, Allahuddin menambahkan di hari yang sama yakni nonton bersama dengan masyarakat yang ada di Desa Mekarpohaci, dengan film anak-anak seperti Upin Ipin, keris si Amang Tunggal dan diakhiri dengan menonton pertandingan Bola MU vs Liverpool.

“Kami mahasiswa KKN UBP Karawang akan bersinergi membangun bersama Desa Mekarpohaci, alhamdulillah dapat disambut dengan baik, ujarnya lagi.

“Kegiatan-kegiatan selanjutnya akan terus berlangsung sampai satu bulan kedepan dan akan ada berbagai kegiatan dengan skala cukup besar yang akan diselenggarakan kami,” tutupnya. (ddi)