Beranda News Tokoh Lintas Iman di Karawang Doakan Gus Dur dan Kemajuan Indonesia

Tokoh Lintas Iman di Karawang Doakan Gus Dur dan Kemajuan Indonesia

218
Tokoh Lintas Iman mendoakan Gus Dur dan Indonesia di acara Haul Gus Dur di Gedung Al- Fatma Karawang (Foto: Istimewa)

KARAWANG – Peringatan Haul KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur digelar untuk mengenang kepergian Presiden RI ke- 4 tersebut. Haul Gus dur ke- 13 tersebut digelar di Gd. Al Fatmah NU Karawang, pada Jum’at (06/01/2023) malam.

Acara Haul dibuka dengan pembacaan sholawat dari Gambus El Jasmy dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustadz Erik Kurniawan. Kemudian, dilanjutkan dengan tahlil yang dipimpin oleh Gus Sidadul Anwar.

Koordinator Gusdurian Karawang, Ahmad Rohiman mengatakan, tema yang diusung kali ini adalah ‘Gus Dur untuk Indonesia yang Adil dan Setara’. Hal ini karena terkait dengan perjuangan Gus Dur semasa hidupnya.

Baca juga: Peringati Hari Demokrasi, Gusdurian Karawang Gelar Forum Diskusi di GKP Immanuel

“Gus Dur itu tokoh yang pluralis. Tema ini diangkat untuk mengenang perjuangan Gus Dur yang konsisten memperjuangkan keadilan dan kesetaraan,” ujar Rohiman.

Menurut dia, Haul Gus Dur kali ini dihadiri tidak hanya oleh para Ulama saja. Namun dari semua tokoh agama beserta umatnya.

“Alhamdulillah. Malam ini yang hadir tidak hanya para Ulama. Ada Pastor, Pendeta, Juru Mangku Hindu, dan dari tokoh agama lainnya” jelas Rohiman.

Baca juga: Miliki Banyak Manfaat, Kemenag Karawang Dorong Pengelola Rumah Ibadah Daftar Simas

Dalam Haul ini juga ada beberapa penampilan budaya dari Tionghoa yakni Barongsai, Tari Adat Batak dan penampilan musik dari Kontradiksy, Toto Yao dan Varid Putra Mbah Surip.

Selain itu juga diisi dengan tausiyah kebangsaan dari para Kiyai, yakni KH Nandang Qushaeri, KH Ahmad Ruhyat Hasby dan KH Emay Ahmad Maehi.

Dalam tausiyahnya, para kiyai mengenang sosok Gus Dur dan perjuangannya untuk bangsa Indonesia dan NU.

Acara ditutup oleh doa bersama lintas iman untuk Almarhum Gus Dur dan Indonesia oleh para tokoh lintas iman.