Beranda Headline Situ Wanayasa Menikmati Keindahan Alam Purwakarta, View Pegunungan Udara Sejuk

Situ Wanayasa Menikmati Keindahan Alam Purwakarta, View Pegunungan Udara Sejuk

16

beritapasundan.com – Destinasi yang berlokasi di Desa Wanasari, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Situ Wanayasa menawarkan keindahan alam yang mempesona serta beragam kegiatan menarik untuk dinikmati.

Situ Wanayasa terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, memberikan udara yang segar dan sejuk. Dengan view Gunung Burangrang, danau ini menawarkan pemandangan yang begitu memukau.

Hamparan air yang indah dengan luas mencapai 7 hektar memberikan suasana yang menenangkan bagi pengunjungnya. Tak hanya sebagai destinasi wisata alam biasa, Situ ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup penting.

Baca juga: Ciletuh Hills Sukabumi: Tempat Staycation View Air Terjun, Jadikan Healing Berkesan

Wisata purwakarta
Wanayasa (Foto: Istimewa/net.)

Di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil yang menjadi makam RA. Suriawinata, pendiri Purwakarta yang juga Bupati Karawang. Konon, makam ini memiliki kaitan dengan asal usul Situ Wanayasa.

Baca juga: Taman Batu Purwakarta: Healing Bareng Keluarga Sambil Bermain Air di Atas Bukit

Ada beragam daya tarik yang ditawarkan oleh Situ Wanayasa, mulai dari aktivitas memancing di danau yang kaya akan ikan, hingga sekadar menikmati keindahan danau dan pemandangan sekitarnya yang menenangkan.

Baca juga: Tips Liburan di Bulan Ramadhan Agar Tidak Batal Puasa

Pengunjung juga dapat memburu spot-spot foto yang cantik di sekitar danau, seperti jembatan bambu yang melintasi air, terutama saat matahari tenggelam, yang menghasilkan pemandangan memukau.

Situ Wanayasa
Pemandangan Wanayasa (Foto: Istimewa/net.)

Bagi yang mencari keseruan, destinasi wisata ini juga menawarkan wahana permainan air, seperti perahu bebek untuk berkeliling danau bersama keluarga. Tak ketinggalan, para pengunjung juga dapat memanjakan lidah dengan mencicipi berbagai hidangan lezat dari rumah makan dan dan kedai kopi di sekitar tempat wisata.

Baca juga: Sabda Alam Garut: Rekreasi Taman Air, Banyak Wahana Seru Aman Untuk Anak

Masuk ke area wisata ini hanya cukup membayar tiket Rp5000 per orang. Dengan keindahan alamnya yang memesona dan beragam kegiatan yang menarik, Situ Wanayasa layak dijuluki sebagai surga tersembunyi di Purwakarta yang patut untuk dieksplorasi. (*)