Beranda Headline Ratusan Warga Desa Sekarwangi Lawan Eksplorasi Minyak dan Gas Milik Pertamina

Ratusan Warga Desa Sekarwangi Lawan Eksplorasi Minyak dan Gas Milik Pertamina

40

KARAWANG- Eksplorasi minyak dan gas yang dilakukan oleh PT. Pertamina di Dusun Krajan Bakan Huma RT 05/01, Desa Sekarwangi, Kecamatan Rawamerta, Karawang menuai banyak protes dari warga setempat, selain tidak dilibatkan dalam proses izin lingkungan, warga juga merasakan dampak suhu panas, polusi, dan terganggu nya lahan pertanian di sekitar sumur eksplorasi.

“Kami ingin permasalahan ini selesai. Kami tidak ingin kami tersiksa seperti ini terus. Untuk itu kami yang mewakili 200 warga setempat, mengadukan permasalah ini ke Lembaga Bantuan Hukum. Karena kami merasa dirugikan,” kata warga setempat, Sunarta.

Menurut Sunarta, puluhan warga Desa Sekarwangi mendatangi kantor Lembaga Bantuan Hukum Cipta Keadilan Rakyat Indoensia (LBH CAKRA) Indonesia di Jalan Pepaya  Nomor 19 Guro 1 Kelurahan Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang untuk meminta pendampingan hukum terkait masalah tersebut.

“Warga sejak awal pertamina berdiri tidak pernah dilibatkan baik sosialisasi maupun menandatangani persetujuan lingkungan atas berdirinya eksplorasi migas tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur LBH Cakra Indonesia, Hilman Tamimi mengaku siap akan membantu perjuangan warga Desa Sekarwangi.

“Terimakasih bapak ibu sudah datang ke kantor LBH. LBH adalah rumah warga untuk menyuarakan keadilan, Insya Allah kami siap untuk berjuang bersama-sama rakyat desa sekarwangi,” pungkasnya. (ddi)