Beranda Headline Polres Karawang Bongkar Praktek Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di SPBU Jatisari

Polres Karawang Bongkar Praktek Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di SPBU Jatisari

23
Konferensi Pers Polres Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG – Kasatreskrim Polres Karawang, AKP Arief Bastomy menyampaikan, awal mulanya tim kepolisian mendapatkan informasi adanya penyalahgunaan BBM bersubsidi dari laporan masyarakat melalui aplikasi Lapor Pak Kapolres.

“Pada saat itu juga tim Sanggabuana beserta Polsek, jajaran Polres Karawang melakukan penggeledahan dan penangkapan dugaan terjadinya penyalahgunaan BBM,” ujarnya pada Sabtu, (19/8).

Kepolisian menangkap 2 pelaku berinisial AS (42) warga Curug Kecamatan Klari dan IS (35) warga Jatiluhur Purwakarta.

Baca juga: Marak Kasus Pencabulan Anak, Kapolres Karawang Imbau Para Ortu Awasi Anaknya

Kemudian ada 1 pelaku berinisial SB (31) warga Kotabaru Karawang selaku pemilik (pendana) solar BBM yang masih dalam pengejaran.

“Barangbukti yang kita amankan itu 1 unit truk coldiesel warna kuninga dengan kapasitas muatan 4-5 ton,” ungkapnya.

Adapun pasal yang disangkakan kepada pelaku adalah pasal 5 UU Republik Indonesia no 2 tahun 2021 tentang Minyak dan Gas dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun penjara serta denda 60 Milyar.

Baca juga: Tak Kapok Dipenjara 10 Tahun, Residivis Predator Seks di Karawang Cabuli 5 Anak

Dari penyalahgunaan ini, kerugian negara ditaksir mencapai 60 juta rupiah dalam 1 kali kegiatan (penyalahgunaan) dan para pelaku sudah memperoleh keuntungan 120 juta rupiah dari 2 kali kegiatan.

“Saksi sekitar 8 orang, yang bersangkutan baru 2 kali melakukan. Kerugian negara yang kita taksir saat ini mencapai 120 juta rupiah,” paparnya.

Arief menghimbau kepada seluruh masyarakat Karawang untuk segera melapor ke pihak kepolisian apabila menemui kasus serupa yakni penyalahgunaan BBM.

“Masih dalam penyelidikan apakah ada pelaku lain. Namun apabila masyarakat menemukan atau mendapat info terkait penyalahgunaan BBM, segera untuk lapor ke polisi,” tutupnya.

Artikulli paraprakKPU Karawang Tetapkan 692 Bacaleg, 142 Bacaleg Dicoret
Artikulli tjetërBKKBN Jabar Ajak 360 Remaja di Karawang Perangi Stunting