Beranda Tips & trik Nih Mom, Tips Memilih Keluwek yang Bagus, Catat Ya!

Nih Mom, Tips Memilih Keluwek yang Bagus, Catat Ya!

179
Buah Keluwek (Foto: iStock)

Beritapasundan.com- Keluwek merupakan jenis rempah khas Indonesia yang bijinya sering digunakan untuk rempah masakan biar makin maknyoos.

Biasanya masakan yang menggunakan Keluwek seperti Pindang Gabus, tutut, dan berbagai jenis masakan Nusantara lainnya.

Namun siapa sangka, jika tidak tahu cara memilih Keluwek masakan yang disajikan bukan nya nikmat malah sebaliknya. Maka penting untuk tahu cara memilih Keluwek yang bagus.

Baca juga: Tips Membuat Telur Asin dengan Abu Gosok, Coba 9 Langkah Ini

Ini beberapa tips memilih Keluwek yang bagus seperti dilansir dari fimela.com

Ambil satu kluwek dan kocok-kocok. Jika terasa berat dan koplok, itu adalah kluwek yang bagus.

Daging buah yang bagus warnanya hitam pekat, jika berwarna agak coklat muda itu artinya kluwek masih muda. Segera buang daging buah yang berwarna abu-abu atau berjamur.

Ambil sedikit dagingnya dan cicipi. Jika rasanya pahit, segera buang.

Baca juga: Ini 4 Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

Isi kluwek yang baik adalah yang bentuknya bulat seperti batoknya dan utuh. Jika mendapatkan daging buah kluwek yang mengering dan menempel pada batoknya, selama warnanya hitam pekat dan tidak pahit, masih bisa digunakan kok. Rendam saja sebentar dengan air panas agar daging buahnya menjadi empuk dan mudah dihaluskan.

Tips memecahkan biji kluwek adalah dengan membungkus biji-biji kluwek dengan kain. Pecahkan batoknya dengan ulekan. Bungkusan kain ini akan mencegah isi dan batok yang hancur berhamburan kemana-mana.

Dengan tips ini, kamu bisa memasak resep rawon andalan, pindang iga, pindang gabus,ataupun bereksperimen dengan nasi goreng. Semoga tips ini bermanfaat