Beranda Headline Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan pada Selasa 12 Maret 2024

Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan pada Selasa 12 Maret 2024

15
Meneropong ketinggian hilal (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang Isbat di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu Sore (10/3/2024)

“Hasil sidang Isbat bermufakat bahwa 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024 Masehi,” kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin mengatakan, kegiatan ini akan digelar secara hybrid, daring dan luring.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” papar Dirjen pada Rapat Persiapan Penetapan Awal Ramadan di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Baca juga: Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Ini, Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menambahkan, Sidang Isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

“Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang,” katanya.