Beranda Advertorial DPRD Karawang : Harus Bangun TPS3R

DPRD Karawang : Harus Bangun TPS3R

59

Karawang – Tempat Pembuangan Sampah Sementara dengan sistem Reuse, Reduce dan Recyle (TPS3R) merupakan infrastruktur penting dalam pengelolaan sampah serta penyelenggaraan bank sampah. Diharapkan kedepan setiap desa di Kabupaten Karawang memiliki TPS3R.

Ketua Pansus Raperda Penyelenggaraan Bank Sampah dan Energi Terbarukan, Mahpudin, mengatakan, pada akhir pekan lalu hingga Selasa 19 Juli 2022 pihaknya melakukan study banding ke sejumlah daerah baik di dalam dan luar provinsi. Daerah-daerah yang dikunjungi itu telah melaksanakan penyelenggaraan bank sampah.

“Daerah-daerah yang kami kunjungi telah memiliki dan melaksanakan Perda Bank Sampah seperti yang saat ini dibahas di DPRD Karawang. Banyak program yang bagus dan dapat diterapkan di Kabupaten Karawang, salah satunya soal TPS3R,” kata Mahpudin, Rabu (20/7/2022).

Legislator Partai Demokrat ini mengungkapkan, dari tiga daerah yang dikunjungi TPS3R merupakan infrastruktur penting yang harus dimiliki dalam penyelenggaraan Bank Sampah. Sehingga kedepan Kabupaten Karawang juga harus membangun sejumlah TPS3R sebagai infrastruktur penunjang.

“Saya berharap ke depan Kabupaten Karawang memiliki TPS3R di setiap desa dan kelurahan. Hal ini tentunya sebagai infrastruktur penunjang dalam penyelenggaraan bank sampah,” katanya.

Dikatakan, keberadaan perumahan di Kabupaten Karawang saat ini sudah luar biasa banyak. Namun sangat disayangkan sampai saat ini belum terlihat perumahan yang memiliki TPS sendiri.

“Perumahan itu merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar, mengingat penduduk perumahan terbilang cukup padat. Namun saya menyayangkan sampai hari ini belum saya lihat perumahan yang memiliki TPS sendirisendiri,” kata dia.

Mahpudin menegaskan, seharusnya perumahan memiliki TPS yang memadai untuk menampung sampah yang dihasilkan sebagai fasilitas umum bagi masyarakatnya.

“Saya ingin TPS itu menjadi bagian dari Fasilitas Sosial dan Fasilitas Umum (Fasos-Fasum) yang wajib ada dan dibangun oleh pengembangan perumahan yang sudah tercantum dalam siteplan. Sehingga kedepan setiap perumahan memiliki TPS sendiri,” tandasnya

Artikulli paraprakDPRD Karawang Garap Raperda Agro Persada
Artikulli tjetërDPRD Karawang minta Pemda Siapkan Ruang Isolasi TBC di Tiap Puskesmas