Beranda Kesehatan Catat! 5 Tips Sederhana Turunkan Kolesterol dalam Tubuh

Catat! 5 Tips Sederhana Turunkan Kolesterol dalam Tubuh

5
Kolesterol Tinggi (Foto: iStock)

Beritapasundan.com- Kolesterol tinggi adalah momok yang menakutkan, pasalnya kolesterol tinggi bisa diderita oleh siapapun dari berbagai kalangan usia, dan bisa berdampak fatal seperti meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Namun, dengan sedikit perubahan gaya hidup, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol:

Baca juga: Segudang Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan

1. Makan Makanan Rendah Lemak Jenuh:

Pilihlah makanan yang rendah lemak jenuh, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti daging berlemak, produk olahan, dan makanan cepat saji.

2. Konsumsi Makanan Kaya Serat:

Serat larut dalam makanan, seperti oatmeal, buah apel, dan kacang-kacangan, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi cukup serat setiap hari dari berbagai sumber makanan.

3. Batasi Konsumsi Kolesterol dan Kolesterol Tinggi:

Hindari makanan yang tinggi kolesterol, seperti telur kuning, hati, dan produk olahan. Batasi juga konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti makanan olahan dan makanan cepat saji.

Baca juga: Selain Cegah Diabetes, Kenali 6 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

4. Lakukan Aktivitas Fisik Rutin:

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Lakukan aktivitas fisik aerobik, seperti berjalan cepat, berlari, atau bersepeda, setidaknya 30 menit setiap hari.

5. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat Sederhana:

Mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat sederhana, seperti gula olahan, roti putih, dan makanan manis lainnya, dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan profil lipid Anda.