Beranda Headline Bawaslu Karawang Ingatkan Parpol Tak Gunakan Isu Identitas di Pemilu 2024

Bawaslu Karawang Ingatkan Parpol Tak Gunakan Isu Identitas di Pemilu 2024

76
Bawaslu Karawang sosialisasi pengawasan partisipatif kepada Parpol dan OMS di Brits Hotel Karawang (Foto: Didi Suheri)

KARAWANG –Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif kepada Partai Politik dan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) di Brits Hotel Karawang.

Divisi Pengawasan Bawaslu Karawang, Suryana Hadi Wijaya mengungkapkan kegiatan sosialisasi kali ini difokuskan untuk partai politik dan organisasi berbasis agama.

Suryana tak menapikan dalam momen Pemilu isu identitas yang bemuatan sara kerap terjadi dan memberikan dampak yang kurang baik.

Baca juga: Anies Baswedan Capres NasDem di Pilpres 2024 Resmi Diumumkan Surya Paloh

“Yang biasanya berkembang di masyarakat jelang kontestasi pemilu yaitu isu identitas, isu ini sangat eksotis, maka kami undang semua parpol dan elemen agama, khusus untuk parpol kita juga tekankan untuk tidak menggunakan isu soal agama, suku atau ras di Pemilu nanti,” kata Suryana kepada wartawan, Senin (31/10/2022)

Suryana juga menyebut politik identitas yang mengedepankan isu Sara berpotensi terjadi di Pemilu 2024.

“Potensi nya sangat besar terjadi, apalagi saat momen pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, maka untuk mengantisipasi itu, Bawaslu melakukan sosialisasi- sosialisasi seperti ini sebagai salah satu pendidikan politik juga,” ujarnya.

Baca juga: Survei SPP: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Disusul Ganjar dan Anies

Ia juga berharap Pemilu 2024 bisa berjalan lancar tidak terjadi perpecahan diantara masyarakat karena disebabkan oleh isu ras suku maupun agama.

“Sosialisasi ini akan terus kita lakukan ke unsur masyarakat, agar di Pemilu 2024 nanti bisa berjalan dengan lancar tidak terjadi perpecahan khususnya di Karawang, semoga semuanya kondusif,” tutupnya. (ddi)

Artikulli paraprakKetua DPRD Karawang Hadiri Rapat Penundaan Penertiban PKL Pasar Rengasdengklok
Artikulli tjetërDisperindag Karawang Pastikan Harga Kedelai Tak Ada Kenaikan Signifikan