Beranda News Tekan Angka Pengangguran, Ini Solusi Wali Kota Depok

Tekan Angka Pengangguran, Ini Solusi Wali Kota Depok

18
Foto Istimewa

DEPOK, BEPAS- Masalah pengangguran jika tidak diatasi dengan serius, bisa menjadi momok bagi suatu wilayah. Tidak terkecuali Kota Depok yang jumlah penduduknya setiap tahun bertambah. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berupaya agar bisa menekan angka pengangguran.

“Dalam hal ini, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok tidak hanya mengendalikan buruh demo, melainkan juga berkewajiban untuk mengurangi tingkat pengangguran,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, di Aula Kelurahan Bojongsari, Rabu (07/08).

Dikatakannya, ada beberapa hal yang menjadi perhatian Pemkot Depok dalam mengatasi penggangguran, di antaranya pematangan konsep untuk mengatasi pengangguran, memaksimalkan sarana dan prasarana yang sudah disediakan Pemkot, serta evaluasi dari program yang sudah berjalan. “Nah, ini yang sedang kita kaji. Bagaimana kita bisa melatih pencari kerja (pencaker) di Balai Latihan Kerja (BLK) misalnya, sampai nanti siap disalurkan ke perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Banu Muhammad Haidir mengatakan, Perangkat Daerah (PD) terkait harus terlibat aktif mengentaskan pengangguran. Seperti Dinas Pendidikan (Disdik) yang bermitra dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bisa memberikan manfaat untuk kedua belah pihak. “Kalau siswa sudah mulai dilatih mengembangkan usaha melalui UMKM, maka saat lulus mereka sudah punya keahlian. Pemerintah juga bisa membuat situasi yang kondusif dan menghubungkan UMKM dengan dunia luar,” ujarnya.

Selain itu, Banu menjelaskan, pemerintah bisa menjadikan teknologi sebagai bagian yang menyatu dengan pengembangan UMKM. Di samping juga harus fokus untuk mendekatkan dunia UMKM dengan dunia perbankan, agar masalah permodalan dapat teratasi. “Ini salah satu contoh. Masih banyak potensi di Depok yang bisa dikembangkan melalui PD terkait,” tutupnya.(hms/red)

Artikulli paraprakProgram Pamsimas, Bentuk Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat
Artikulli tjetërMenumbuhkan Semangat Gotong Royong, Wali Kota Ajak Masyarakat