Beranda News Target IPM Naik di 2023, Bupati Karawang Lantik 290 Kepala Sekolah

Target IPM Naik di 2023, Bupati Karawang Lantik 290 Kepala Sekolah

130
Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana melantik 290 Kepala sekolah yang ada di Karawang (Foto: Istimewa)

KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang melantik 290 Kepala Sekolah dan menargetkan kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bidang pendidikan di tahun 2023.

Melalui prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat, secara keseluruhan, pelantikan tersebut diikuti oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional Tertentu dan Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang.

Dikhususkan kepada para kepsek, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, Kepala Sekolah harus menjadi tauladan yang baik.

Baca juga: Maraknya Permainan Lato-Lato di Sekolah, Dikeluhkan Guru di Karawang

“Sebagai pemimpin, bapak ibu harus memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan hanya merintah-merintah saja, harus berdiskusi, mendampingi, memantau langsung,” katanya saat memberikan amanat upacara di Plaza Pemkab Karawang, Jum’at, (13/1/2023).

Bupati menegaskan bahwa target output di tahun 2023 bidang pendidikan adalah menaikan IPM.

Dijelaskan juga bahwa pada di tahun 2017, IPM Karawang naik 0,9 % dengan penyumbang terbanyak dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

“Outputnya, IPM indeks bidang pendidikan harus jadi tolak ukur kenaikan yang signifikan,” tegas bupati.

Baca juga: Ciptakan SDM Unggul, 200 Dosen UBP Karawang Ikut Bimtek

“2017 pernah naik hampir 1 digit, IPM itu susah naiknya. Saat itu penyumbang terbanyak adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, kami apresiasi,” ujarnya

Di samping itu, ia juga memaparkan bahwa ada program-program prioritas yang diperuntukkan untuk bidang pendidikan. Diantaranya; perbaikan infrastruktur sekolah dan beasiswa Karawang Cerdas (Kacer)

“Yang pertama harus diverifikasi adalah sarana prasarana infrastruktur sekolah, saya gak mau denger lagi ada sekolah rubuh. Lalu, kita juga punya Kacer. Usia lama sekolah 12 tahun instruksi dari presiden harus mampu kita realisasikan, jangan ada lagi yang putus sekolah,” paparnya.

Cellica berharap, 290 Kepsek terlantik dapat memberikan pengabdian sebaik-baiknya kepada masyarakat khususnya peserta didik.

“Besar harapan kami, saudara-saudari yang dilantik dapat memberikan pelayanan (manfaat) seluas-luasnya dan menjaga martabat daerah Karawang,” pungkasnya.