Beranda Headline Sebanyak 65 Komunitas Relawan Kemanusiaan Bantu Atasi Kekeringan di Karawang

Sebanyak 65 Komunitas Relawan Kemanusiaan Bantu Atasi Kekeringan di Karawang

30
Sebanyak 65 Komunitas Relawan Kemanusiaan terjun langsung bantu atasi kekeringan di Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG- Sebanyak 65 komunitas relawan kemanusiaan di Kabupaten Karawang turut membantu Pemerintah Daerah dalam mengatasi bencana kekeringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Mahpudin menyampaikan apresiasinya kepada 65 komunitas relawan tersebut.

Baginya, para relawan tersebut adalah pahlawan yang membantu dan menolong masyarakat tanpa pamrih.

“Luar biasa, kami sangat mengapresiasi. Kemarin kita ada acara silaturahmi akbar para relawan kemanusiaan kabupaten Karawang, paling tidak ada 65 data relawan yang tercatat,” ungkapnya saat diwawancarai pada Selasa, (3/10).

Baca juga: Bencana Kekeringan Meluas, Pemda Karawang Tetapkan Status Siaga Kekeringan

Ia mengatakan, para relawan tersebut masuk kategori tenaga utama setiap kali ada peristiwa seperti banjir maupun kekeringan.

Pihaknya berharap, kedepan para organisasi tersebut bisa terus bersinergi dan dilibatkan BPBD Karawang secara utuh.

“Mereka adalah pahlawan-pahlawan kami, yang memang selama ini sering membantu di lapangan. Tapi mungkin sifatnya organisasi, mudah-mudahan kedepan kita bisa sinergikan kembali dan melibatkan mereka secara utuh,” katanya.

Sebab, para relawan yang jumlahnya puluhan tersebut memiliki keilmuan dan kelebihannya masing-masing dibidang yang beragam.

Baca juga: DPRD Karawang Minta Dinas Terkait Antisipasi Gagal Panen Akibat Kekeringan

Agar lebih tertata, pihaknya berencana mensinergikan para relawan dengan menempatkannya sesuai keahlian.

“Jadi sifatnya itu ada yang difrekuensi, ada yang diketinggian, di air, di perdapuran. Nanti kedepaannya, dengan kolaborasi bersama BPBD, Dinsos, Dinkes kita bisa memilah-milah nanti keutamaannya dimana sehingga semua sisi itu bisa diisi oleh temen-temen relawan,” terang Mahpudin.

Sesuai dengan pesan Bupati dan Wakil Bupati Karawang, pihaknya akan segera menindaklanjuti rencana sinergitas ini.

Kedepannya, para relawan akan dilibatkan secara utuh menjadi bagian tak terpisahkan dengan Pemerintah Daerah khususnya BPBD.

“Nanti kami akan berkomitmen dengan ketua Forum Relawan Karawang untuk menindaklanjuti ini. Perlu diadakan sesegera mungkin pertemuan lebih lanjut dengan kami,” pungkasnya.