Beranda Lifestyle SD di Sidoarjo Terapkan Mata Pelajaran Tidur Siang

SD di Sidoarjo Terapkan Mata Pelajaran Tidur Siang

40
Mata pelajaran tidur siang
Ilustrasi

SIDOARJO – Matematika atau Bahasa Indonesia telah jadi langganan mata pelajaran wajib di setiap sekolah. Tapi, pernahkah Anda mendengar mata pelajaran tidur siang?

Mata pelajaran ini hadir di salah satu sekolah di Sidoardjo, Jawa Timur. SD Muhammadiyah IV yang berlokasi di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono menjadikan tidur siang sebagai salah satu pelajaran yang wajib diikuti siswa.

Guru di SD Muhammadiyah IV Sidoardjo Kiki Arya Wijaya mengatakan, tidur siang adalah mata pelajaran yang baru diterapkan sekolahnya.

Baca juga: Konsumsi Ikan Tongkol Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Otak, Cek Faktanya

“Baru tahun ajaran ini kita menerapkan pelajaran tidur siang,” kata Kiki, menukil laman resmi Muhammadiyah.

Dilansir CNN Indonesia. Kata Kiki, diadakannya mata pelajaran ini juga bukan tanpa alasan. Pihak sekolah merasa tidur siang jadi salah satu kebutuhan siswa agar tak merasa kelelahan hingga bisa lebih fokus belajar.

“Sebelumnya kami melihat para siswa kelelahan hingga tak jarang meminta pulang.

Alhamdulillah setelah istirahat, konsentrasi para murid naik sehingga mampu menyerap pelajaran di sore hari,” katanya.

Sebagai informasi, sekolah ini menerapkan metode full day school. Dengan adanya mata pelajaran ini, diharapkan anak-anak bisa lebih fokus saat harus belajar di sore hari.

Mata pelajaran tidur siang ini berjalan selama satu jam. Pelajaran ini serentak dilakukan pukul 13.00 WIB hingga 14.00 WIB. Para siswa juga wajib tidur siang di jam tersebut.

Baca juga: Cetak Siswa Qur’ani, Sekolah Al Azhar Karawang Kini Miliki Program Tahfidz

Para murid juga tidur bersama di kelas. Setiap kelas akan didampingi seorang guru yang mengawasi.

Selain menghadirkan mata pelajaran tidur siang, sekolah ini juga meniadakan tugas atau PR untuk dikerjakan di rumah. Semua tugas wajib selesai di sekolah agar ketika sampai di rumah siswa tak terbebani. (*)