Beranda Otomotif dan Teknologi YouTube Hadirkan Fitur Ask untuk Pelanggan Berbayar

YouTube Hadirkan Fitur Ask untuk Pelanggan Berbayar

45
Pelanggan Berbayar YouTube premium
Ilustrasi

Berita Pasundan – YouTube terus menghadirkan beragam fitur baru untuk memanjakan para penggunanya, terutama pelanggan berbayar YouTube Premium.

Salah satu fitur baru yang bisa dijajal pelanggan berbayar YouTube Premium adalah Ask.

Fitur ini memungkinkan pengguna berdiskusi atau bertanya kepada robot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) soal video yang sedang ditonton.

Baca juga: DK PWI Jabar Ingatkan Wartawan Kedepankan Kaidah Jurnalistik dari Gempuran Teknologi AI

Fitur Ask di YouTube sendiri akan muncul sebagai tombol yang ada di deretan tombol di bawah jendela video, sejajar dengan tombol “Like”, “Share”, “Remix”, dan sebagainya.

Ketika mengeklik tombol “Ask”, pengguna akan disodori dengan tampilan yang menyerupai kolom percakapan (chat). Di sini, mereka bisa bertanya apapun yang berkaitan dengan video yang sedang ditonton.

Selain itu, mereka juga bisa meminta AI untuk merangkum isi dari video, merekomendasikan video serupa lain yang ada di YouTube, dan lain sebagainya.

Di samping fitur Ask, pelanggan YouTube Premium juga bisa menjajal fitur AI lainnya yang bernama Topics”.

Dengan fitur ini, pengguna, dengan bantuan AI, bisa merangkum topik-topik apa saja yang ada sedang dibicarakan orang di kolom komentar dari sebuah video.

Baca juga: Pengujian MediaTek Dimensity 9300 Dikeluhkan Throttling

Di luar fitur AI macam Ask dan Topics, pelanggan YouTube Premium juga bisa memainkan beragam game di aplikasi YouTube.

Fitur bermain game ini bernama Playables, dan lewat fitur ini, pengguna bisa memainkan sekitar 30 game kecil (mini game) langsung di aplikasi YouTube.

Untuk ketersediaan, fitur Ask bisa dijajal pelanggan YouTube Premium yang tinggal di wilayah Amerika Serikat (AS), khususnya mereka yang berumur 18 tahun ke atas.

Fitur ini hanya tersedia di “beberapa video” saja dan bisa dicoba pengguna hingga 15 Desember mendatang Kemudian untuk fitur Topics bisa sejumlah pengguna YouTube Premium di beberapa negara, Melansir KompasTekno.

Jumat (1/12/2023), kami sudah bisa mencoba fitur merangkum kolom komentar ini hingga 5 Desember mendatang.

Lalu untuk Playables, fitur bermain game di YouTube ini bisa dicoba pengguna YouTube Premium di beberapa wilayah, termasuk Indonesia hingga 28 Maret 2024 mendatang.

Nah, supaya bisa menjajal aneka fitur baru YouTube Premium ini, pengguna bisa memperbarui (update) aplikasi YouTube mereka ke versi teranyar di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS). (*)