Beranda News Praktisi Seia Piantara Rajin Jadi Pembicara di KKN Mahasiswa Karawang, Kenalkan Digitalisasi...

Praktisi Seia Piantara Rajin Jadi Pembicara di KKN Mahasiswa Karawang, Kenalkan Digitalisasi UMKM

156

KARAWANG- Dalam rangka mengembangkan UMKM di pedesaan yang berbasis digital, Mahasiswa KKN Unsika maupun UBP berfokus pada marketing digital produk- produk masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta KKN mengundang Ketua Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera (KPKS) sekaligus praktisi UMKM, Seia Piantara, SE., MM untuk mensosialisasikan teknik pengembangan produk UMKM berbasis digital kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPKS, Seia Piantara, SE., MM memberikan pemaparan mengenai pentingnya peningkatan UMKM sektor desa ditengah peluang digitalisasi, dan tentu itu harus didukung oleh setiap element salah satunya Mahasiswa yang sedang melakukan tugas KKN

Peran UMKM, kata Seia, sebenarnya sangat penting bagi perekonomian baik secara nasional maupun regional.

Baca Juga: Tak Cerminkan Budaya Karawang, Konsep Bunderan Badami Dikritik Ketua Seniman Jabar

“Sebenernya sektor UMKM ini sangat fundamental, sangat penting, jika dimaksimalkan dengan baik, di daerah sampai nasional yang berkembang dan menjadi subjek market itu UMKM” kata Seia, Selasa (6/9/2022)

Ia memaparkan kehadiran UMKM harusnya dijadikan mitra strategis dalam peningkatan kebutuhan dan perekonomian bukan lagi sebagai objek program semata.

Selain itu perlu mendorong para UMKM ini untuk dapat beradaptasi dan masuk dalam digitalisasi ekonomi.

Karena marketing Digital menurut Seia mempunyai dampak dan trend yang positif dalam meningkatkan usaha UMKM.

Baca Juga: Tolak Kenaikan BBM, Ribuan Angkot di Karawang Lakukan Mogok

“Masyarakat pelaku UMKM harus sudah dapat memaksimalkan potensi Marketing Digital ini, selain terjangkau secara biaya, serta dapat merambah market yang lebih luas,” jelasnya.

Terakhir mantan Presiden Mahasiswa Karawang ini juga mengapresiasi kegiatan KKN Mahasiswa yang menitikberatkan pada sektor UMKM Karawang.

“Saya mengapresiasi kepada teman-teman Mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan KKN ini baik dari Universitas Singaperbangsa maupun Universitas Buana Perjuangan yang mana fokus kegiatannya adalah peningkatan UMKM desa di tengah peluang ekonomi digital,” ujarnya.

“Program UMKM Juara dan UMKM Naik Kelas tentu harus terasa dan teraktualisasikan kepada semua sektor UMKM, bukan hanya kepada UMKM mapan semata, hal demikian perlu menjadikan UMKM sebagai mitra pertumbuhan ekonomi bukan lagi hanya sebatas objek ceremonial,” tutupnya. (ddi)