Beranda News Peringati HKSN, Dinsos Karawang Kampanyekan Tagar ‘Jangan Kasihani Disabilitas’

Peringati HKSN, Dinsos Karawang Kampanyekan Tagar ‘Jangan Kasihani Disabilitas’

45
Kepala Dinsos Karawang, M. Ridwan Salam bersama Pengurus Karangtaruna Kabupaten (Foto: Istimewa)

KARAWANG – Dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Dinas Sosial Karawang Kampanyekan tagar ‘jangan kasihani disabilitas’.

Kegiatan tersebut dipadukan dengan Perayaan Hari Disabilitas Nasional (HBI), acara berlangsung di Rumah Galeri Pemda Karawang, Selasa, (20/12) pagi.

Tema yang diusung yaitu partisipasi bermakna menuju pembangunan inklusif yang berkelanjutan. Acara ini dihadiri oleh pilar-pilar sosial akar rumput.

Seperti Karang Taruna Kabupaten Karawang, TKSK, PKH, hingga organisasi disabilitas di Karawang.

Baca juga: Diterjang Angin Puting Beliung, Puluhan Pohon di Kampung Budaya Tumbang, Begini Kata BPBD Karawang

Kepala Dinas Sosial M. Ridwan Salam mengungkapkan, perayaan HKSN ini menjadi momentum meningkatkan kepedulian sosial antar sesama warga.

“Kita kumpulkan semua elemen untuk berkolaborasi mengatasi permasalahan sosial di Karawang,” ungkap Ridwan Salam.

Melalui acara itu, Dinas Sosial Karawang juga mengkampanyekan pembangunan inklusi terhadap kaum disabilitas di Karawang.

“Saya membangun gerakan tagar (bunyinya) jangan kasihani disabilitas. Karena mereka juga sebenarnya punya kemampuan yang sama dengan kita, makanya perlu difasilitasi,” ujarnya.

Baca juga: DPRD Karawang Minta Bupati Evaluasi Disparbud, Ini Sebabnya

Disisi lain, Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Karawang Asep Saefullah menambahkan, pada momen HKSN ini juga pihaknya melaunching program ketahanan pangan.

Dimana, setiap pengurus Karang Taruna dari tingkat kecamatan dan desa diminta untuk aktif membuat program ketahanan pangan.

“Selain itu, kita pamerkan juga produk-produk UMKM milik pengurus Karang Taruna di tingkat bawah. Harapannya, mereka mendapat bantuan mengurus legalitas produk dan pengemasan,” ungkap pria yang akrab disapa Ceong ini.

Terakhir, Ceong menyampaikan, dalam rangka memperingati HKSN ini. Pihaknya mengajak semua pemuda di Karawang untuk ikut aktif dalam menyelesaikan permasalahan sosial di wilayahnya masing-masing.

“Hari kesetiakawanan sosial harus menjadi momentum meningkatkan kepekaan sosial semua anggota Karang Taruna di Karawang,” pungkasnya.