Beranda Headline Meriahkan HUT Karawang, Seribu Penari Bakal Warnai Kirab Helaran Budaya 2023

Meriahkan HUT Karawang, Seribu Penari Bakal Warnai Kirab Helaran Budaya 2023

84
Seribu Penari Meriahkan HUT Karawang ke-390 (Foto: Istimewa)

KARAWANG- Kirab Helaran Budaya 2023 dalam rangka memperingati HUT Karawang ke 390 akan digelar besok malam, 1.000 penari siap tampilkan pesona.

Plt. Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Karawang, Neni Martini memaparkan, Helaran Budaya ini akan dimulai pada besok malam pukul 07.00 WIB ba’da isya.

Kirabnya sendiri memiliki rute start dari gedung Pemda, menuju arah Tuparev dan titik finish di panggung kehormatan depan alun-alun Karawang.

“Unsur pesertanya OPD, kecamatan, komunitas (Batak, Jawa, Minang) dan masyarakat lainnya. Bakal ada penari sekitar 1.000, dan peserta diperkirakan lebih dari 2.000,” paparnya kepada tvberita.co.id pada Kamis, (14/9).

Baca juga: Serba-Serbi HUT Karawang ke-390, Puluhan Petani Kampungsawah Bersihkan Irigasi

Neni menjelaskan, setiap OPD, kecamatan dan komunitas diberi kuota 50 peserta kirab. Kemudian, tiap-tiap kelompok tersebut dipastikan tersedia penari, seniman, musik hingga ekraf.

Selain itu, peserta ada yang menggunakan tematik mobil hias dan ada peserta yang berjalan. Semua peserta dipersilakan untuk menunjukkan kreativitas masing-masing saat kirab.

“Rombongan patwal, kuda forkopimda, dewan, kepala OPD, camat itu start dari Pemda. Sedangkan peserta lainnya start dari area PUPR memanjang ke arah stasiun,” jelasnya.

“Nanti pas rombongan Bupati udah masuk ke area Tuparev, disambung sama rombongan peserta Helaran lainnya yang sudah standby di area PUPR,” tambahnya.

Baca juga: Gelar Apel Besar HUT Karawang ke-390, Bupati Cellica Ajak Masyarakat Berkontribusi Membangun Karawang

Karena diprediksi akan lebih meriah dari tahun sebelumnya, sebelum Helaran Budaya dimulai akan ada penutupan jalan sekitar pukul 17.00 WIB di sepanjang jalan Tuparev menuju arah Galuh Mas.

“Acaranya kita targetkan selesai jam 11 malam,” ujar Neni.

Neni mengatakan, saat pembukaan nanti akan ada 40 perwakilan penari yang membawakan sendratari Titi Mangsa Ngadegna Karawang yang menceritakan sejarah berdirinya Karawang.

“Yakin animonya bakal tinggi dan akan lebih meriah. Inti konsepnya mah semua peserta kirab akan menggambarkan kekayaan alam dan budaya yang ada di Karawang,” tutupnya.