Beranda Bisnis Ketua KPKS Ajak Masyarakat Karawang Terlibat Berkoperasi

Ketua KPKS Ajak Masyarakat Karawang Terlibat Berkoperasi

152

KARAWANG – Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 yang jatuh pada setiap tanggal 12 Juli menjadi momentum untuk merefleksikan sumbangsih koperasi pada negera dan juga keterlibatan anak bangsa dalam mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa.

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 juga turut diperingati oleh para pelaku koperasi tak terkecuali Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera (KPKS)

Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera (KPKS) adalah salah satu koperasi di kabupaten Karawang yang merupakan jenis koperasi produsen.

Ketua Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera, Seia Piantara, SE.,MM mengungkapkan di hari koperasi nasional ini dirinya dan seluruh anggota Koperasi Pemuda Karawang Sejahtera merefleksikan sebagai kesadaran bahwa berkoperasi itu perlu, bahwa berkoperasi itu butuh.

Baca Juga: Tim KKN 43 Unsika Ajak Pelaku Koperasi Melek Dunia Digital

“Secara tidak sadar dalam aktifitas ekonomi, kita sedang melakukan aktifitas koperasi. Menabung, meminjam dana, berinvestasi, melakukan usaha, secara berkelompok, itu salah satu aktifitas koperasi. Hanya saja kelompok itu tidak diorganisir pada manajemen koperasi,” kata Seia kepada wartawan, Selasa (12/7)

Menurut Seia yang juga dosen Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri, koperasi sebagai soko guru ekonomi bangsa terbukti menjadi organisasi penghimpun pelaku usaha yang memberikan kebermanfaatan dengan koperasi dijadikan inkubasi bisnis yang mengelaborasikan unsur akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media.

Melalui koperasi, lanjut Seia pelaku usaha yang menjadi anggota koperasi tersebut dapat mendapatkan manfaat akses permodalan, pemasaran, keilmuan, akses legal sampai jaringan, sehingga pelaku usaha tersebut bisa menjadi naik kelas.

“Saat ini pun melalui omnibus low, koperasi dapat menjadi lembaga hukum yang dapat kerjasama dalam pengadaan perbelanjaan pemerintah daerah sampai perusahaan dan BUMN,” ujarnya.

Baca Juga: Bidik Pasar Global, Para Pegiat Kopi Karawang Gelar Saresehan

Lebih lanjut Mantan Presiden Mahasiswa Karawang (IMAKA) ini menambahkan KPKS menjadi rumah bagi para pelaku usaha ultra mikro muda di Kabupaten Karawang agar para pelaku muda ini dapat diberikan kesempatan untuk berkembang dan maju sehingga mampu bersaing dengan produk-produk besar.

“Kesempatan itu yang hari ini mulai bergeser, bahkan KPKS sendiri mengalami hal demikian. tentu KPKS berharap di hari Koperasi ini dapat ikut serta dalam menumbuhkan dan menciptakan UMKM Juara di Kabupaten Karawang, dengan program dan gagasan yang terstruktur dan terarah serta berkesinambungan. Bersama KPKS Usaha Mikro Muda Karawang bisa juara,” tutupnya. (ddi)

Artikulli paraprakDewan Jabar Dukung Ada SMA Negeri di Kecamatan Kotabaru
Artikulli tjetërGelar Paripurna, DPRD Karawang Bentuk Dua Pansus