Beranda News Tim KKN 43 Unsika Ajak Pelaku Koperasi Melek Dunia Digital

Tim KKN 43 Unsika Ajak Pelaku Koperasi Melek Dunia Digital

KARAWANG- Tim KKN 43 UNSIKA bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang menggelar kegiatan BIMTEG TTG (Technologi Tepat Guna) untuk membuat terobosan-terobosan dalam mengubah perspektif koperasi dan UMKM yang semula dianggap kolot menjadi kekinian.

Untuk diketahui kegiatan ini mengusung tema “Sosialisasi Dalam Upaya Menyelamatkan Koperasi Di Karawang Pada Masa Pandemi Covid-19” dengan dibimbing oleh Rani Apriani,S.E.,S.H.,M.H. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Turut hadir Koperasi Produsen TKI Sahabat Bersama dan Koperasi Poktan Taruna Jaya pada Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten
Karawang.

Ketua Koordinator Tim KKN 43, Rafid Denvy mengungkapkan kemampuan para pelaku UMKM adalah hal yang harus dilakukan. Oleh karenanya, Bimtek tersebut merupakan bagian dari usaha Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang untuk meningkatkan skill pelaku UMKM dalam proses digitalisasi.

“Meski tidak mudah tapi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten
Karawang tetap berusaha meningkatkan sinergitas untuk memberikan bimbingan
terhadap Koperasi dan UMKM dalam proses digitalisasi serta Digitalisasi koperasi ini sangat penting, agar kemudian kita mampu menciptakan koperasi yang adaptif sesuai dengan kepentingan zaman yang sekarang berkembang,” kata Rafid, Rabu (24/11/2021)

Rafid juga berharap diselenggarakannya BIMTEK TTG terhadap digitalisasi koperasi pada dasarnya selaras dengan apa yang saat ini sedang digencarkan Kementerian Koperasi dan UMKM yaitu mewujudkan koperasi modern melalui pengembangan digitalisasi koperasi.

“Komitmen ini di harapkan dapat menjadikan koperasi mudah diakses dan tidak gagap
teknologi, terutama menyasar kaum muda bahwa koperasi juga peduli dengan pengembangan digitalisasi. Artinya dibahas berbagai peluang dan potensi dari ragam pilihan teknologi yang sekiranya paling pas untuk diadopsi koperasi. Digitalisasi koperasi berorientasi terhadap tujuan kemudahan, kecepatan layanan, kenyamanan juga keamanan bertransaksi dengan koperasi,” jelasnya.

Ia juga menambahkan dengan diadakanya kegiatan BIMTEK TTG diharapkan koperasi dapat mengambil peran dalam memanfaatkan semua perkembangan teknologi informasi.

“Terkait ini maka bentuk digitalisasi yang paling efektif bagi koperasi dan UMKM diharapkan mampu mempercepat gerak bisnis koperasi nantinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Produsen TKI Sahabat Bersama dan Ketua Koperasi
Poktan Taruna Jaya di desa Cilamaya Kulon yang dikunjungi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang dan Tim KKN 43 UNSIKA, Ahmad Fanani dan Ahmad menyampaikan apresiasi atas dukungan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang dan Tim KKN 43 UNSIKA yang telah menyelenggarakan kegiatan BIMTEK TTG bagi Koperasi dan UMKM guna meningkatkan skill dalam era digital. (ddi)

Artikel sebelumyaKasus Istri marahin Suami, Jaksa cabut Tuntutan 1 tahun Penjara
Artikel berikutnyaBentrokan Ormas Di Karawang, Dua Orang Luka Berat, Satu Mobil Rusak