Beranda News Istri OB Syok! Suaminya Diam-Diam Kuliah?

Istri OB Syok! Suaminya Diam-Diam Kuliah?

11
Sumber: Kompas.com
Sumber: Kompas.com

KARAWANG – Nandang, seorang pria berusia 54 tahun, tampak sibuk berkoordinasi dalam acara wisuda Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang yang diadakan di Hotel Resinda.

Meski tampak seperti panitia lainnya dengan kemeja hitam dan atribut resmi, Nandang ternyata juga merayakan kelulusannya sendiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Politik (FKIP) Prodi PPKn UBP. Menariknya, ia memilih untuk menjadi panitia daripada mengikuti prosesi wisuda.

Nandang, yang juga bekerja sebagai office boy di universitas yang sama, memulai perjalanan akademiknya empat tahun lalu saat berusia 50 tahun. Ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tingginya di tempat kerjanya sendiri. “Saya OB. Saya bekerja di sana dan juga kuliah di sana,” kata Nandang.

Baca juga: Visi Misi Kampus Resmi Diubah, Begini Penjelasan Rektor UBP Karawang

Selama dua tahun pertama, Nandang merahasiakan kegiatan belajarnya dari istrinya, berharap bisa memberikan kejutan saat lulus.

Namun, istrinya mulai curiga setelah menerima banyak pesan dari mahasiswa. “Istri saya bertanya, siapa ini yang banyak mengirim WA. Saya akhirnya jujur,” ungkapnya.

Nandang juga menjelaskan bahwa kuliahnya dilakukan secara daring karena pandemi Covid-19. Ia tidak bisa mengelak ketika istrinya menemukannya sedang membuka laptop untuk mengikuti perkuliahan.

Tujuan utamanya berkuliah adalah untuk memotivasi anak-anaknya. “Alhamdulillah anak saya mau berkuliah. Sekarang semester 3,” ucapnya.

Baca juga: Luluskan 1083 Mahasiswa, Rektor UBP Karawang Minta Alumni Jaga Nama Baik Almamater

Meski awalnya merahasiakan dari istrinya, Nandang merasa bersyukur karena mendapatkan dukungan penuh dari istrinya, dua anaknya, dan keluarganya. Selama berkuliah sambil bekerja, Nandang harus berjuang ekstra. Ia tiba di UBP setiap pagi pukul 05.30 WIB dan bekerja membersihkan ruangan dan lainnya. “Saya mengambil kuliah sore hingga malam hari. Saya menyesuaikan dengan pekerjaan,” ujarnya.

Setelah selesai bekerja pada pukul 23.00 WIB, ia baru kembali ke rumah untuk beristirahat dan mengerjakan tugas kuliah. “Semua OB di UBP memang pulang jam 11 malam,” tambahnya.