Beranda Headline Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Dihimbau Patuhi Rekomendasi PVMBG

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Dihimbau Patuhi Rekomendasi PVMBG

21
Erupsi Gunung Semeru (Foto: Cnbc)

LUMAJANG – Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang Jawa Timur kembali erupsi dan memuntahkan awan panas.

Hal tersebut berdasarkan laporan yang dirilis Pos Pengamatan Gunung Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM)

“Pada tanggal 4 Desember 2022 erupsi yang disertai Awan Panas Guguran masih berlangsung menerus, dengan tinggi kolom erupsi tidak teramati dan teramati awan panas guguran dengan jarak 12 km dari puncak dan masih terus berlangsung,” tulisnya seperti dilansir magma.esdm.go.id, Minggu (4/12/2022)

Lebih lanjut dalam rilis tersebut dijelaskan sebaran material erupsi berupa lontaran batuan pijar diperkirakan dapat mencapai radius 8 KM dari puncak, sedangkan material lontaran berukuran abu saat ini mencapai 12 Km ke arah tenggara. Arah dan jarak sebaran material abu ini dapat berubah tergantung arah dan kecepatan angin.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 6,4 SR Guncang Garut dan Sekitarnya

“Arah luncuran awan panas guguran dan guguran ke sektor tenggara dan selatan dari puncak, Jangkaun awan panas guguran sudah mencapai lebih dari 13 Km. Lahar dingin maupun lahar panas dapat terjadi di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak, khususnya sepanjang aliran sungai,” tambahnya.

Masyarakat setempat pun diminta untuk mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. (ddi)

Artikulli paraprakTega! Pedagang Keliling Cabuli Bocah 11 Tahun di Karawang
Artikulli tjetërSebanyak 232 Rumah di Desa Karangligar dan Mekarmulya Terendam Banjir