Beranda News Gantole dan Paralayang di Garut

Gantole dan Paralayang di Garut

187

GARUT, BEPAS– Kepolisian Resort (Polres) Garut menggelar Kejuaraan Gantole & Paralayang Kapolda Jabar CUP II Tahun 2019 di Kawasan Bukit Parama Satwika Gunung Putri Kaki Gunung Guntur Garut, Jawa Barat, Selasa (20/8).

 

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai pada 20-22 Agustus 2019, dan secara langsung dibuka dan dihadiri Kapolda Jabar Irjen Polisi Rudy Sufahriadi.

Dalam acara tersebut dihadiri pula Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna SIK, Wakil Bupati H. Helmi Budiman, Kasat Lantas Polres Garut AKP Rizki Adi Saputro, Kasat Reskrim Polres Garut AKP Maradona Armin Mapasseng, jajaran polres Garut dan Vince Presiden Recor Holders Republik (RHR) Indonesia Lia Mutiasari serta diikuti sebanyak 160 peserta dari berbagai kota di Jawa Barat, DKI Jakarta dan beberapa kota lainnya.

Kapolda Jabar Irjen Polisi Rudy Sufahriadi dalam kesempatannya kembali menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Kapolres Garut atas inovasinya menggelar kegiatan Kejuaraan Paralayang dan Gantole serta mencatatkan rekor sebagai sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

“Saya kembali sampaikan apresiasi atas kegiatan ini yang sangat luar biasa sebagai sebuah inovasi dan terobosan dari kapolres Garut. Untuk para peserta saya ucapkan selamat bertanding dan selamat terbang dengan Paralayang dan Gantole semoga Tuhan senantiasa memberikan keselamatan untuk kita semua,” Kata Rudy saat membuka secara resmi kejuaraan Paralayang dan Gantole tersebut.

Sementara itu, Kapolres Garut dalam laporannya memaparkan bahwa kegiatan tersebut dilaksankan sebagai upaya untuk memberikan stimulus bagi perkembangan potensi pariwisata Kabupaten Garut khusunya Paralayang dan Gantole karena potensinya yang sangat besar dan menjanjikan.

“Semenjak kami buka kawasan ini, pada pertengahan tahun 2018 lalu perkembangan olah raga Paralayang dan Gantole mengalami peningkatan cukup signifikan sehingga perbulan Oktober, November dan Desember 2018 Garut telah terbentuk Club Pralayang dengan jumlah anggota sebanyak 13 orang,”ungkapnya.

Budi juga berharap Pemerintah Kabupaten Garut dapat merenspon cepat perkembangan olah raga minat tersebut dengan pembenahan infra struktur jalan dan penunjang lainnya agar terus semakin baik dan meningkat.

Sementara Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyampaikan apresiasi dan menyatakan kesediannya atas nama Pemkab Garut untuk terus memperbaiki dan melengkapi infrastruktur jalan dan penunjang lainnya.

“Kami mohon maaf karena baru sebagian anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan jalan menuju lokasi ini, sehingga belum maksimal, namun seiring perkembangannya kami akan terus mengupayakannya, apalagi dengan rencana Pak Kapolres untuk menjadikan lokasi ini sebagai objek wisata yang dilengkapi sarana lainnya akan makin hebat,” ungkapanya.

Pecahan Recor Holders Republik (RHR) Indonesia

Kejuaraan Paralayang dan Gantole Kapolda Jabar CUP II Tahun 2019 berhasil memecahkan Record Holders Republic (RHR) yang mencatatnya sebagai kejuaraan yang berhasil menerbangkan Paralayang dan Gantole dengan bendera merah putih terbanyak dalam waktu bersamaan dari kawasan bukit Parama Satwika Gunung Putri Tarogong Kaler Garut Jawa Barat.

Bukit dengan ketinggian 1400 MDPL tersebut menjadi saksi sejarah pecahnya rekor dunia RHR pada event tersebut dengan mengganjar AKBP Budi Satria Wiguna sebagai kreator dan Kapolda Jabar Irjen Polisi Rudy Sufahriadi sebagai Suporting bersama dua perwira Polres Garut yakni AKP Rizki Adi Saputro Kasat Lantas Polres Garut dan AKP Maradona Armin Mapasseng selaku Kasat Reskrim Polres Garut.

Sertifikat dan Medali pemecahan rekor tersebut diterima Langsung Kapolres Garut dan Kapolda Jabar dari Vice Presiden RHR Indonesia Lia Mutiasari disaksikan Wakil Bupati Garut H. Helmi Budiman.

Menurut Vice Presiden RHR Indonesia, Lia Mutisari mengatakan, setelah melalui proses penilaian dan pembahasan, kami dari RHR Indonesia memberikan sertifikat pemecahan rekor ini kepada kreator AKBP Budi Satria Wiguna selaku Kapolres Garut dan Suporting kepada Bapak Irjen Polisi Rudy Sufahriadi selaku Kapolda Jabar serta dua orang perwira Polres Garut, tutupnya.(hms/red)