Beranda News Cerita Dibalik Kesuksesan Oland Sibarani, dari Wartawan Jadi Bos Limbah Medis

Cerita Dibalik Kesuksesan Oland Sibarani, dari Wartawan Jadi Bos Limbah Medis

24
Oland Sibarani saat melakukan peresmian kantor (Foto: Ist)

KARAWANG – Sosok Oland Sibarani di kalangan jurnalis di Kabupaten Karawang bukanlah orang asing. Dia dikenal sebagai wartawan senior yang punya rekam jejak ciamik dalam dunia kewartawanan.

Belakangan, mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang dua periode ini getol merambah lini bisnis lain. Dia saat ini sukses mengelola perusahaan transporter limbah medis antarpulau skala nasional dengan jabatan Komisaris di PT Kelola Lingkungan Selaras (KLS).

Dia bilang, dalam menekuni bisnis transporter ini butuh waktu panjang. Dia harus babad alas Pulau Sulawesi untuk menempatkan jaring-jaring bisnisnya.

Tidak jarang, dia harus melakoni suka duka dalam menempuh bisnis tersebut.

Baca juga: Gencar Lakukan Rotasi Pejabat, Ketua Fraksi PKB Karawang: Langkah Bupati Aep Sudah Tepat

“Motivasi saya menjalankan bisnis ini bukan hanya untuk saya pribadi dan keluarga saya. Tapi, saya merasa dibalakang saya masih ada teman-teman wartawan yang membutuhkan. Jadi, bagi temen-temen wartawan yang sudah purna saya juga membuka kesempatan untuk bergabung,” kata Oland PH Sibarani saat pembukaan kantor PT KLS di Ruko Bizpark Jl. Interchange Karawang Barat, Selasa, 9 Januari 2024.

Banyak pihak yang menyebutkan, bermodal mental baja dibalut dengan prinsip yang kuat menjadi kunci keberhasilan Oland PH Sibarani dalam menjalankan bisnisnya.

Atas karakter yang kuat itu juga, Oland PH Sibarani dipercaya oleh kalangan pers di Jawa Barat menjadi Ketua Dewan Kehormatan PWI Jawa Barat.

Baca juga: Bupati Aep Serius Perangi Narkoba, Pesisir Laut Karawang Kini Dijaga Ketat TNI-Polri

Di tempat yang sama, saat pembukaan kantor PT. Kelola Lingkungan Selaras, CEO PT. Tenang Jaya Group, H. Tulus Widodo juga mengungkapkan ketekunan, mental baja dan prinsip yang kuat memang melekat terhadap pribadi Oland PH Sibarani.

“Dari penglihatan saya, dia (Oland) merupakan orang yang tekun dan sangat kuat memegang prinsip. Dia juga sangat ego, tapi egonya dia untuk sebuah kebenaran. Itu yang membuat saya salut dan menjadi modal keberhasilan dia. Tapi, jangan puas atas kesuksesan yang dicapai sekarang. Masih banyak pencapajan yang harus diraih,” ujar Tulus Widodo sesaat sebelum prosesi peresmian Kantor PT. Kelola Lingkungan Selaras.

Diketahui, H Tulus Widodo, CEO PT. Tenang Jaya Group merupakan mentor serta Tenang Jaya merupakan perusahaan induk tempat Oland PH Sibarani menjajaki bisnis pengelolaan limbah.

Sebelum menjadi Komisaris PT. Kelola Lingkungan Selaras, Oland PH Sibarani juga sempat mendirikan PT. Loyalitas Teje Group yang kini ditinggalkannya. (*)