Beranda Headline Bupati Aep Siapkan Langkah Atasi Banjir Karangligar

Bupati Aep Siapkan Langkah Atasi Banjir Karangligar

19
Bupati Karawang, Aep Syaepuloh tinjau lokasi banjir Karangligar (Foto: Ist)

KARAWANG – Persoalan banjir di Desa Karangligar dan Desa Mekarmulya, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang terus terulang setiap tahun.

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh menyiapkan langkah agar penanggulangan banjir teratasi secara tuntas.

Bupati Aep bilang, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) untuk memecahkan persoalan banjir di Karangligar.

Baca juga: Ratusan Rumah di Desa Karangligar Karawang Kembali Terendam Banjir

Kepada BBWS, Aep meminta agar penanganan banjir ini harus jadi prioritas, salah satunya dengan membangun sheet pile (dinding turap baja) minimal sepanjang 6 kilometer di aliran Sungai Cibeet.

Pembangunaan Sheet pile bertujuan untuk meninggikan tanggul, agar ketika permukaan air di Cibeet naik, permukiman warga diharapkan bebas dari banjir.

“Namun dari BBWS menyampaikan bahwa kalau panjangnya 6 kilometer ini menjadi kewenangan Kementerian PUPR. Maka kami pemerintah daerah bersama BBWS akan menyampaikan hal ini ke Kementerian PUPR ini agar secepatnya ada tindakan,” jelas Aep usai meninjau lokasi banjir di Desa Karangligar, Jumat, 5 Januari 2024.

Baca juga: Para Korban Banjir Karangligar Keluhkan Gatal-Gatal

Dia mentargetkan langkah ini bisa direalisasi pada tahun 2025 mendatang. “Kemungkinan anggaran di 2025, di 2025 kita mempersiapkan, saya bersama Bappeda, PUPR kita sama-sama duduk dengan tim BBWS, sekarang tinggal survei dari BBWS-nya,” paparnya.

“Jadi saya berharap mudah-mudahan untuk air ini harus dikasih jalan, kita upayakan pencegahan supaya masyarakat tidak terbebani setiap tahun harus mengalami kebanjiran, ini yang menjadi PR kami,” tambah dia.

1.463 jiwa terdampak banjir

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Mahpudin menyebutkan, per hari ini, terdapat 391 rumah dan 1.463 jiwa dari 507 KK di dua desa yang terdampak banjir.