Beranda News BPBD Karawang Dukung Damkar Jadi OPD, Ini Alasannya

BPBD Karawang Dukung Damkar Jadi OPD, Ini Alasannya

75
Kepala BPBD Karawang, Mahpudin (Foto: Ist)

KARAWANG- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mendukung penuh Pemadam Kebakaran (Damkar) menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersendiri.

Dukungan ini disampaikan langsung oleh Mahpudin selaku Kepala BPBD Karawang yang menjabat saat ini.

“Damkar butuh berdiri sendiri, karena berkaitan dengan masyarakat langsung. Penanganan yang dilakukan Damkar kepada masyarakat pun harus terus ditingkatkan,” ujarnya, Selasa, (20/6).

Baca juga: Selangkah Lagi, Robot Industrial Karya Mahasiswa Unsika Ikut Kontes Tingkat Nasional

Menurutnya, BPBD dan Damkar itu adalah OPD pelayanan dasar masyarakat yang harus ada. Khususnya Damkar, masyarakat kini lebih sering menghubungi Damkar ketika memerlukan bantuan.

“Namanya pelayanan dasar harusnya berdiri sendiri, karena jika menginduk akan berpengaruh terhadap optimalisasi pelayanan, mempengaruhi anggaran juga,” tambahnya.

Ia mengaku, sampai saat ini secara pribadi sangat mendukung wacana pemisahan BPBD dengan Damkar. Karena menurutnya pemisahan Damkar menjadi OPD sendiri akan mendorong optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Cerita Lucu Saat Damkar Karawang Diminta Usir Jin di Toilet Rumah Warga

“Kalau kedepannya harus pisah dari Damkar, itu sesuatu yang luar biasa. Di luar Karawang itu sudah banyak Damkar menjadi OPD sendiri. Dengan Damkar juga sudah sering mengobrol, dan mendukung penuh apabila ada pemisahan,” kata Mahpudin.

“Karena masyarakat itu apa-apa ke Damkar ngehubunginya. Tidak hanya mengurus kebakaran saja, Damkar mengurus orang tenggelam, kecelakaan, bahkan sampai hal kecil seperti kunci jatuh di selokan, membujuk anjing merajuk sampe yang lucu minta ngusir jin masyarakat minta tolong ke Damkar,” tutupnya.