Beranda Kesehatan BKKBN Jabar Masifkan Pendampingan Lansia di Seluruh Kabupaten Kota

BKKBN Jabar Masifkan Pendampingan Lansia di Seluruh Kabupaten Kota

49
BKKBN Jabar saat lakukan sosialisasi di Kantor DPPKB Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat masifkan program pendampingan dan perawatan jangka panjang bagi lansia diseluruh Kabupaten dan Kota.

Staff Ketahanan Lansia BKKBN Provinsi Jawa Barat, Sarji menyampaikan, program pendampingan dan perawatan ini bertujuan untuk memberdayakan para lansia agar menjadi Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, Bermartabat dan Tangguh (SMART).

“Jadi kami memberikan edukasi kepada para kader Bina Keluarga Lansia (BKL) agar nantinya mereka mendampingi para lansia untuk mencapai goals yang kami sebut SMART,” ujarnya saat diwawancarai pada Rabu, (2/8).

Baca juga: Disentil Wabup Aep Soal Tingginya Kasus HIV/AIDS, DPPKB: Kami Gak Ada Program Khusus HIV

Ia menjelaskan, kegiatan pemberdayaannya cukup beragam, ada sekolah lansia dengan kurikulum tersendiri yang berjumlah 9 kali pertemuan.

Di 9 pertemuan tersebut, para lansia diajarkan tentang bagaimana cara memberdayakan diri sendiri diusia yang tak lagi muda.

“Kami ada program sekolah lansia bermitra dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL). Di dalamnya ada kegiatan fisik seperti olahraga, senam, seni, ECO print bagi mereka menghasilkan karya,” jelasnya.