Beranda Kesehatan Berapa Banyak Jumlah Kopi Bisa Dikonsumsi Dalam Sehari? Berikut Penjelasannya

Berapa Banyak Jumlah Kopi Bisa Dikonsumsi Dalam Sehari? Berikut Penjelasannya

3
Mengonsumsi kopi

beritapasundan.com – Kopi merupakan salah satu jenis minuman populer yang memiliki segudang manfaat. Minum kopi tanpa gula di pagi hari misalnya dalam banyak penelitian dapat menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan seperti diabetes tipe dua, gangguan neurologis, hingga penyakit hati.

Selain rasanya yang nikmat, kopi juga termasuk salah satu sumber antioksidan terbesar untuk tubuh. Namun, kini muncul pertanyaan, sebenarnya seberapa banyak jumlah kopi yang bisa dikonsumsi dalam sehari?

Dikutip dari Healthline, kandungan kafein dalam kopi bisa sangat bervariasi, umumnya berkisar mulai dari 50 sampai 400 miligram per cangkir. Secangkir kopi buatan rumah biasanya memiliki 50 miligram kafein, sedangkan untuk kopi kafe ukuran gelas besar bisa mengandung lebih dari 300 miligram kafein.

Baca juga: Manfaat Racikan Kopi Dicampur Kayu Manis, Terbukti Baik Untuk Tubuh

Satu cangkir kopi dapat diasumsikan rata-rata berukuran 240 ml, mengandung sekitar 100 mg kafein. Beberapa sumber penelitian menyatakan bahwa 400 mg kafein atau empat cangkir sehari merupakan jumlah yang direkomendasikan dan masih aman untuk orang dewasa.

Selain menurunkan risiko penyakit diabetes hingga masalah neurologis, dalam banyak penelitian kopi juga dikaitkan sebagai ‘anti-penuaan’. Penelitian yang dilakukan pada 400 ribu orang berusia 50-71 menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi empat sampai lima cangkir kopi sehari memiliki risiko kematian terendah selama periode penelitian 12-13 tahun.

Perlu diingat bahwa kopi bukan satu-satunya sumber kafein. Minuman lain seperti teh, minuman ringan, minuman berenergi, hingga cokelat dan obat-obatan tertentu juga dapat memiliki kandungan kafein.

Kafein yang ada di dalam kopi dapat mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda. Faktor genetik dapat mempengaruhi enzim yang memecah kafein pada organ hati, serta reseptor pada otak yang dipengaruhi oleh kafein.

Baca juga: Tak Banyak Orang Tahu, Ini 6 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan

Tak sedikit orang yang merasa kesulitan tidur setelah mengonsumsi kopi, namun ada sebagian lainnya juga yang bisa tetap tidur dengan mudah. Ada susunan genetik yang mungkin lebih baik dalam toleransi kafein, ada yang lebih buruk tingkat toleransinya.

Berikut ini adalah efek yang mungkin ditimbulkan jika mengonsumsi terlalu banyak kopi dalam waktu singkat:

  • Kegelisahan
  • Kecemasan
  • Pusing
  • Sakit perut
  • Mudah marah
  • Insomnia
  • Detak jantung cepat
  • Tremor

Jika mengalami gejala-gejala seperti yang ada di atas, ada kemungkinan besar tubuh lebih sensitif terhadap kafein. Ada baiknya mempertimbangkan untuk mengurangi asupan atau menghindari kafein sama sekali. (*)