Beranda Kuliner 5 Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon yang Sering Diburu Pengunjung

5 Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon yang Sering Diburu Pengunjung

40
Kuliner khas Cirebon
Kuliner Khas Cirebon (Foto: Istimewa/net.)

beritapasundan.com – Cirebon juga terkenal akan keunikan budaya yang dimilikinya. Selain itu, berkunjung ke Cirebon juga memberikanmu kesempatan untuk mencicipi beragam kuliner khas Cirebon dengan cita rasa unik dan menarik.

Tertarik untuk jelajahi kekayaan kuliner khas Cirebon? Intip rekomendasi makanan khas Cirebon paling populer yang kerap diburu para pelancong saat singgah ke Cirebon berikut:

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Kuningan, Punya Cita Rasa Unik Bikin Ketagihan

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang
Nasi Jamblang (Foto: Istimewa/net.)

Menyantap nasi dalam balutan daun pisang mungkin sudah biasa kalian temukan di ragam kuliner khas Nusantara. Namun, di Cirebon kamu bisa mencicipi kuliner khas berupa nasi yang dibungkus menggunakan daun jati.

Makanan khas Cirebon satu ini disajikan dengan pilihan lauk pendamping mulai dari tahu, tempe, ayam goreng dan kuliner khas Cirebon lainnya seperti tumis cumi hitam dan paru goreng.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Khas Indramayu, Rugi Kalau Belum Pernah Coba

Sego Lengko
Kuliner Cirebon
Sego Lengko (Foto: Istimewa/net.)

Olahan nasi khas Cirebon lainnya selain Nasi Jamblang yang bisa kalian cicipi saat berkunjung ke Cirebon adalah Nasi Lengko atau Sego Lengko. Kuliner khas Cirebon ini merupakan nasi yang ditaburi berbagai lauk seperti potongan tempe, tahu goreng, potongan mentimun, dan juga tauge rebus. Namun, yang membuat makanan khas Cirebon ini istimewa adalah siraman bumbu kacang dan kecap manis lengkap dengan taburan bawang goreng dan potongan daun kucai.

Baca juga: 4 Makanan Khas Garut yang Melegenda Selain Dodol

Tahu Gejrot
Tahu gejrot
Tahu Gejrot (Foto: Istimewa/net.)

Jajanan pinggir jalan khas Cirebon ini memang sudah banyak ditemui diberbagai kota lain selain Cirebon. Namun, tentu akan lebih menarik untuk mencicipi Tahu Gerjot langsung di kota asalnya. Makanan khas Cirebon ini diolah dari tahu goreng dengan berbagai bumbu seperti gula merah, cabai, bawang putih, dan bumbu lainnya yang dicampurkan menggunakan cobek. Campuran bumbu dan gurihnya tahu memberikan rasa unik yang lezat.

Baca juga: Ubi Ungu Diprediksi Akan Menjadi Makanan Sehat Populer 2024

Empal Gentong
Kuliner Cirebon
Empal Gentong (Foto: Istimewa/net.)

Kuliner Empal Gentong memang sudah tak asing lagi karena kuliner khas Cirebon satu ini memang sudah sangat populer di berbagai daerah di luar Cirebon. Kuliner tradisional yang dimasak menggunakan kuali tanah liat dan kayu bakar ini memiliki cita rasa gurih yang kuat dan tak pernah gagal berikan sensasi rasa lezat bagi siapa saja yang menikmatinya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Minuman Khas Nusantara, Punya Banyak Khasiat Bagi Tubuh

Growolan
Makanan khas Cirebon
Growolan (Foto: Istimewa/net.)

Growolan adalah makanan ringan khas Cirebon yang diolah dari gaplek dan parutan kelapa. Kuliner tradisional asal Cirebon ini bisa dibilang sudah ada sejak lama namun masih cukup mudah ditemui dan digemari hingga saat ini. Sensasi renyah pada bagian luar dan lembut serta manis pada bagian dalam membuat Growolan bisa jadi makanan yang tepat untuk mendampingi segelas kopi di sore hari.

Baca juga: 7 Minuman Es Khas Jawa Barat Populer yang Patut Kalian Coba

Ada banyak bukan pilihan makanan khas Cirebon yang bisa dicicipi saat kalian berkunjung ke kota Cirebon. Kuliner khas Cirebon mana yang paling membuatmu penasaran? (*)