Beranda Umum Warga Antusias Ikut Program MOW DPPKB Karawang

Warga Antusias Ikut Program MOW DPPKB Karawang

118

KARAWANG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang, kembali menggelar pelayanan Metode Operasi Wanita (MOW) atau tubektomi gratis, pada Rabu, (25/5) siang di Rumah Sakit Rosela.

Antusias warga Karawang mengikuti program ini sangat besar. Terbukti, dari target 25 orang. Tim medis RS Rosela berhasil melayani 31 akseptor dari 9 kecamatan di Karawang.

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaefulloh menjelaskan, pelayanan MOW gratis di Karawang digelar rutin setiap dua minggu sekali. Dalam satu kali pelayanan, biasanya menjaring 25 akseptor dalam sehari. Namun, pada kesempatan ini sebanyak 31 orang berhasil terlayani.

“Pemkab Karawang mendorong masyarakat Karawang untuk mensukseskan program KB khususnya jangka panjang,” kata Wabup.

Baca Juga: Pengurus Baru Apindo Karawang Resmi Dikukuhkan

Wabup menjelaskan, salah satu bentuk keseriusan Pemda Karawang dalam mensukseskan program KB adalah terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) no 18 tahun 2022 tentang KB Pasca Persalinan.

“Setelah terbit Perbup KBPP masyarakat jadi lebih mudah menerima pelayanan KB,” katanya.

Kepala DPPKB KAarawang, Sofiah mengatakan, target MOW Karawang tahun 2022 ini sangat besar, yaitu 413 akseptor dalam satu tahun.

Sampai Juni 2022, baru terlayani sekitar 91 akseptor. Namun, pihaknya optimis sampai akhir tahun nanti target dari BKKBN itu akan tercapai.

Baca Juga: DPRD Karawang Terima Usulan Perbaikan Infrastruktur dari Warga Dapil 3

“Kami yakin ini akan tercapai karena tiap tahun target ini selalu meningkat dan berhasil tercapai,” ujar Sofiah.

Sofiah menjelaskan, bagi warga Karawang yang ingin mengikuti program MOW gratis bisa langsung menghubungi Satpel PPKB di kantor kecamatan.

“Syaratnya, usia minimal 30 tahun, sudah memiliki anak minimal 2, sehat jasmani dan rohani, dan sudah mengantongi izin dari suami atau keluarga,” paparnya.

Ada pun sembilan kecamatan yang sudah dilayani diantaranya, Kecamatan Batujaya, Tirtajaya, Cikampek, Klari Jambe Timur, Jambe Barat, Pakisjaya, Cibuaya, Pangkalan. (rls/ddi)

Artikulli paraprakPengurus Baru Apindo Karawang Resmi Dikukuhkan
Artikulli tjetërSambut Pemilu 2024, Disdukcapil Karawang Percepat Rekam KTP-el Pelajar