Beranda Headline Jasa Marga Siapkan Lajur Contraflow Saat Arus Balik Lebaran 2024

Jasa Marga Siapkan Lajur Contraflow Saat Arus Balik Lebaran 2024

3
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KARAWANG- Jelang memasuki arus balik Lebaran 2024, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan sarana lajur untuk sistem lawan arus (contraflow).

Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Yoga Trianggoro mengungkapkan pihaknya akan menyiapkan contraflow saat arus balik.

“Pada saat pelaksanaan rekayasa lalu lintas, kami akan menyiapkan sarana lawan arus (contraflow) demi keamanan dan keselamatan (safety) pengguna jalan,” kata Yoga seperti dilansir dari antara, Jum’at (12/4/2024)

Baca juga: Rekomendasi HP NFC Terbaru, Bisa Isi Saldo E-toll Pas Mudik

Yoga menambahkan pihaknya akan memasang reflektor pada dua sisi (reflector two sides) di penghalang median sepanjang lajur lawan arus agar pengguna jalan lebih sadar terhadap lajur ini.

Pihaknya juga akan melakukan pemasangan paket perambuan pada akses masuk lawan arus dan di setiap lima km sepanjang lajur lawan arus itu.

“Paket rambu tersebut di antaranya terdiri dari peringatan lalu lintas dua arah, rambu batas kecepatan maksimal 60 km per jam, larangan mendahului, lampu peringatan serta rambu peringatan lajur lawan arus hanya untuk kendaraan kecil,” ujarnya.

Selain itu, juga akan ditempatkan kerucut lalu lintas (traffic cone) dengan jarak maksimal 10 meter sepanjang lajur lawan arus itu.

“Termasuk, 20 kerucut lalu lintas dan penghalang plastik secara rapat sepanjang 8-10 meter di setiap 2,5 km lajur lawan arus untuk menertibkan dan merapikan kembali kendaraan agar berjalan sesuai dengan lajur yang telah ditentukan,” jelasnya.***