Beranda News Tempatnya Dijadikan TPS Ilegal, Kades Makarmulya Geram Hingga Lapor Polisi

Tempatnya Dijadikan TPS Ilegal, Kades Makarmulya Geram Hingga Lapor Polisi

26
Kondisi Empang di Desa Mekarmulya Kecamatan Telukjambe Barat yang dijadikan TPS Ilegal (Foto: El)

KARAWANG- Selama 3 tahun terakhir, salah satu empang di Desa Mekarmulya, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ilegal.

Kepala Desa Mekarmulya, Dalim Rudiansyah menyampaikan, masyarakat setempat merasa sangat keberatan karena titik tersebut malah menjadi TPS ilegal.

“Itu lokasinya bukan TPS, tapi empang (kolam). Sudah ampir 3 tahun ini jadi TPS ilegal. Katanya, si pemilik tanah mau nutup kolam, tapi malah pake sampah,” ujarnya kepada wartawan saat diwawancarai pada Rabu, (8/3/2023).

Ia menyampaikan, pihaknya bersama masyarakat telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi hal tersebut. Upaya yang dilakukan berupa teguran kepada pelaku, hingga pelaporan ke pihak berwenang.

Baca juga: Disdikpora Karawang Gelar Perlombaan Siswa SMP Tingkat Kabupaten

“Kita udah tegur si pelaku, lapor ke pihak kecamatan, bahkan pelaku sudah pernah dipanggil Polsek pada tahun 2022,” katanya.

Per hari ini, masyarakat setempat kembali melaporkan pelaku ke Polsek terdekat untuk mencari solusi permasalahan.

Setelah menampung laporan, Nuryadin, Kanit Reskrim Polsek Teluk Jambe Barat memaparkan, sesuai dengan keinginan masyarakat setempat, pelaku sudah menyanggupi untuk membersihkan TPS ilegal pada (15/3) mendatang.

Baca juga: Mulai Maret, Pembelian Kendaraan Listrik Dapat Subsidi 7 Juta dari Pemerintah

“Pelaku sudah dapat izin untuk pengangkutan sampah dari DLHK, dia juga menyanggupi katanya akan membersihkan lokasi satu Minggu lagi,” paparnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini pihaknya belum memberikan sanksi apapun kepada pelaku (pemilik tanah) yang menjadikan empang sebagai TPS ilegal.

“Harus dibersihkan, karena lokasinya memang bukan TPS, tapi kolam. Kami tidak memberikan sanksi apapun kepada pelaku untuk sekarang ini,” pungkasnya.