Beranda News Stok Kantong Darah Defisit, PMI Karawang Ajak Warga Donor Darah

Stok Kantong Darah Defisit, PMI Karawang Ajak Warga Donor Darah

54
Ilustrasi (Foto: iStock)

KARAWANG- Ketersediaan kantong darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karawang mengalami kekurangan.

Ade Iwan, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PMI Karawang menyampaikan, saat ini ketersediaan kantong darah yang ada di PMI Karawang kurang lebih hanya berjumlah 300. Sedangkan kebutuhan Rumah Sakit perhari bisa mencapai 80 kantong darah.

“Stok darah yang ada di PMI kurang lebih 300an, dan itu masih kurang untuk distribusi ke RS yang ada di sekitar Karawang. Karena kebutuhan RS satu hari saja kurang lebih 80 kantong,” ujarnya saat diwawancarai tvberita.co.id pada Selasa, (16/5).

Ia mengungkapkan, saat ini permintaan paling banyak dari RS adalah golongan darah A. Tetapi, stok golongan darah tersebut paling sedikit diantara golongan darah lain.

Baca juga: Optimalisasi Layanan Publik Versi Pemkab Purwakarta

“Permintaan paling banyak saat ini golongan darah A, permintaan banyak sedangkan stoknya sedikit terutama golongan darah A+,” ungkapnya.

Adapun rincian stoknya, antara lain; AB sebanyak 22 kantong, A sebanyak 16 kantong, B sebanyak 43 kantong dan O paling banyak dengan jumlah 160 kantong. Kata Ade, dari rincian jumlah tersebut, perusahaan adalah penyumbang kantor darah terbanyak.

“Yang dateng ke kantor itu perhari kurang lebih 20 orang atau 600 orang perbulan. Jadi alhamdulilah kita terbantu oleh perusahaan, instansi dan komunitas yang sukarela mengadakan giat donor darah,” kata Ade.

Baca juga: Soal Penanganan Kasus Ibu Kanthi, Kejari Karawang Pastikan Ditangani Secara Prosedural

Ade mengajak kepada seluruh masyarakat Karawang untuk turut menyumbangkan darah, sebab donor darah memiliki banyak manfaat. Apalagi saat ini Karawang sedang mengalami kekurangan dalam ketersediaan kantong darah.

“Untuk masyarakat baru yang mau mendonorkan darahnya, tidak usah takut. Jarum memang sakit, tapi lebih banyak manfaatnya dibanding sakitnya,” ajak Ade.

“Kantor kami terbuka dari jam 8 pagi, pelayanan darah 24 jam. Kami tunggu kedatangannya, dengan donor darah kita bisa sehat dan pasien di RS bisa selamat,” pungkasnya.