Beranda Headline Soal Corona, Dewan Minta Pemkab Karawang Serius Pedulikan Tenaga Medis

Soal Corona, Dewan Minta Pemkab Karawang Serius Pedulikan Tenaga Medis

5

BEPAS, Karawang – Wakil Ketua DPRD Karawang, Ajang Sopandi meminta Pemkab Karawang untuk mencukupi ketersediaan alat pelindung diri (APD) tenaga medis dan sejumlah alat medis lainnya yang dibutuhkan menghadapi virus corona. Pasalnya, kelengkapan sendiri menjadi perhatian utama rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan pasien Covid-19.

“Tenaga medis menjadi garda terdepan menangani pasien wabah Covid-19, jadi perlu Pemkab Karawang menjamin dan melindungi mereka dengan menyediakan alat pelindung diri(APD) sesuai standar,” ujar Ajang, Jumat (27/3/2020).

Tenaga medis, kata Ajang, sedang berperang melawan wabah Covid-19 yang menular begitu mudah dan cepat. Terlebih dengan adanya pernyataan Juru Bicara Pemerintah bahwa sejumlah tenaga kesehatan yang meninggal dunia di tengah pandemi virus COVID-19 di Indonesia.

“Pemkab harus peduli terhadap tenaga medis, jangan sampai mereka jadi korban dari wabah virus corona ini. Harus menjadi perhatian khusus dan jangan dianggap enteng,” tuturnya.

Dirinya juga berharap Dinas Kesehatan Karawang untuk lebih proaktif dalam menangani wabah ini dan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait ketersediaan alat pelindung diri untuk petugas medis di rumah sakit rujukan. Dia juga mendesak segera membeli APD dan sejumlah alat medis lainnya yang dibutuhkan menghadapi virus corona.

“Koordinasi harus lebih intensif dan lakukan langkah-langkah antisipasi. Dan juga bisa menggeser kebutuhan anggaran untuk penanganan virus corona,” pungkasnya. (ris/kie)