Beranda News Sederet Fakta Tentang Ibu Melahirkan 5 Bayi Kembar di Indramayu

Sederet Fakta Tentang Ibu Melahirkan 5 Bayi Kembar di Indramayu

10
Bayi kembar
Seorang Ibu Melahirkan 5 Bayi Kembar di Indramayu (Foto: Istimewa)

beritapasundan.com – Seorang Ibu di Indramayu, Jawa Barat ramai dibicarakan. Ia melahirkan 5 anak kembar dari yang semula hanya terlihat 4 janin saat USG.

Ibu bernama Nuraeni itu diketahui melahirkan di RSUD Indramayu. Ia dan suaminya, Warsilah merupakan warga Desa Bodas, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu.

Kelahiran bayi-bayi Nuraeni menjadi sorotan di rumah sakit tersebut. Pasalnya, hasil pemeriksaan ultrasonografi (USG) sebelumnya memperlihatkan bahwa Nuraeni hanya mengandung 4 anak.

Berikut ini fakta tentang ibu melahirkan 5 bayi kembar di Indramayu yang dirangkum dari berbagai sumber:

Baca juga: BMKG Ungkap Fakta Tingginya Curah Hujan Ditengah Musim Kemarau

1. Usia kandungan baru 34 minggu

Direktur RSUD Indramayu, Deden Bonni Koswara menceritakan tentang kronologi ibu hamil yang melahirkan di rumah sakit tersebut.

Deden mengatakan, Nuraeni awalnya memeriksakan diri ke puskesmas terdekat saat merasa mulas. Kala itu, usia kandungan Nuraeni baru menginjak 34 minggu.

Nuraeni kemudian dilarikan ke RSUD Indramayu sekitar pukul 15.00 WIB. Ia harus segera melakukan persalinan karena air ketuban sudah rembes.

“Kejadian kemarin ya, ibu atas nama N datang dari Bodas, Kecamatan Tukdana. Dia datang dengan keadaan mulas-mulas bersamaan dengan bidan dirujuk dari Puskesmas Kerticala,” kata Deden, dikutip dari detikcom, Selasa (9/7/24).

2. USG awal memperlihatkan hanya ada 4 bayi

Selama menjalani kehamilan, Nuraeni telah melakukan pemeriksaan USG. Setibanya di RSUD Indramayu, dokter kembali memeriksa kandungan Nuraeni lewat USG.

Dari hasil pemeriksaan USG, terlihat bahwa Nuraeni mengandung 4 anak kembar, Bunda.

“Pada saat pemeriksaan di USG, tampak ada 4 (bayi) ya mulanya. Kemudian si ibu ini pada pukul 15.30 WIB keluar air-air ya atau cairan ketuban,” ungkap Deden.

Nuraeni terpaksa harus melahirkan sebelum kandungannya mencapai usia 39 minggu. Lanjutkan membaca di halaman setelah ini.

Baca juga: Indonesia Masuk Daftar Negara Penghasil Limbah Makanan Terbanyak di Dunia

3. Melahirkan secara caesar

Kondisi kandungan Nuraeni yang sudah rembes ketuban dan terasa mulas membuatnya harus segera diberi tindakan. Tim medis menyarankan untuk melakukan operasi caesar, Bunda.

“Atas advice dokter Siswono dan hasil konsultasi teman-teman untuk dilakukan segera caesar, operasi,” tutur Deden.

Selama satu jam, perempuan berusia 32 tahun itu berjuang untuk melahirkan bayinya bersama tim medis.

4. Melahirkan 4 anak perempuan dan 1 laki-laki

Saat dilahirkan, terungkap bahwa bayi di perut Nuraeni terdiri atas 4 anak perempuan dan 1 laki-laki. Nuraeni ternyata mengandung 5 anak kembar, Bunda.

“Operasi pada jam 18.44 WIB, selesai jam 19.45 WIB. Didapatkan ternyata ada lima bayi hasil operasi tersebut,” ungkap Deden.

“Jadi pada jam 19.34 WIB ya itu jenis kelaminnya perempuan terus yang kedua, ketiga sampai ke empat. Terakhir itu laki-laki. Jadi totalnya lima dengan berat badan yang berbeda-beda,” bebernya.

5. Kelimanya lahir dengan kondisi normal

Kelima bayi kembar Nuraeni dan Warsilah lahir dalam keadaan sehat, Bunda. Bayi pertama mereka lahir dengan berat 1.950 gram, disusul dengan bayi perempuan seberat 1.750 gram.

Selanjutnya, lahir bayi ketiga berbobot 1.250 gram dan bayi keempat seberat 1.600 gram. Bayi terakhir berjenis kelamin laki-laki lahir dengan berat 1.900 gram.

Deden mengungkapkan, kelima bayi tersebut sempat menjalani perawatan intensif bersama sang Bunda hingga kondisinya pulih, “Alhamdulillah dalam keadaan sehat.” (*)