Beranda News Sebanyak 1.042 Warga Binaan Lapas Karawang Dipastikan Ikut Pemilu 2024

Sebanyak 1.042 Warga Binaan Lapas Karawang Dipastikan Ikut Pemilu 2024

25
Lapas Karawang
Para warga binaan saat mendapatkan pengarahan dari Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Christo Toar di lapangan Lapas Karawang. Foto: istimewa

KARAWANG – Hitungan hari menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024, seribu lebih warga binaan Lapas Kelas IIA Karawang dipastikan akan ikut berpartisipasi.

Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Christo Toar menjelaskan, sekitar 1.042 warga binaan akan ikut nyoblos saat 14 Februari nanti. Adapun total warga binaan di tempatnya ada sebanyak 1.082 orang.

Menurutnya, mereka yang diprioritaskan ikut mencoblos adalah warga ber-KTP Karawang.

Baca juga: Disdukcapil Karawang: e-KTP Pemilih Pemula Langsung Kita Antar ke Sekolah

“Yang sudah masuk dalam DPT itu 700 orang, kemudian sedang kami usulkan lagi ke KPU 342 orang. Nah kemudian ada sekitar 12 orang yang memang tidak memiliki NIK. Tetapi kami sudah berusaha untuk bekerjasama dengan kepala Disdukcapil untuk mereka mendapatkan NIK,” katanya. Mengutip tvberita.co.id pada Senin, 5 Februari 2024.

“Karena yang kami urus adalah yang betul-betul warga Karawang,” tambah dia.

Nantinya, kata dia, para warga binaan akan mencoblos di empat TPS (tempat pemungutan suara) yang dijaga khusus oleh petugas Lapas Karawang. Para petugas Lapas ini akan berperan sebagai KPPS (Kelompok Pemungutan Surat Suara).

“Petugas KPPS sudah ditentukan dari petugas kami khusus. Untuk mencegah orang keluar masuk, karena strategi kami kan kalau misalnya orang dari luar masuk itu kan mereka bolak-balik, nah itu kami tidak mau,” tandasnya.

Baca juga: Bupati Aep Minta Perusahaan Lain Mencontoh Program Ijon PT. Yamaha Indonesia

Disisi lain Menurut Sukahar, Warga binaan Lapas Kelas IIA Karawang, Jawa Barat mengaku masih kebingungan menentukan hak pilihnya pada 14 Februari 2024.

Sebab sejauh ini, dia tidak begitu mengenal siapa saja calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024. Sukahar tercatat sebagai pemilih dengan domisili Karawang Timur, Kabupaten Karawang.

“Iya enggak pada kenal, blank, enggak tau siapa calon-calon legislatifnya,” kata Sukahar di Lapas Kelas IIA Karawang, Senin, 5 Februari 2024.

Tak hanya calon legislatif, dia juga mengaku tidak begitu kenal dengan para calon presiden dan wakil presidennya.

“Tahunya hanya sekedar tahu, tapi kalau detailnya mah enggak begitu kenal, jadi kebanyakan (warga binaan) pada bingung pilih siapa,” beber dia.

Baca juga: Para Kiyai Kampung se Karawang Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Begitu pun soal peserta partai Pemilu 2024, Sukahar mengaku hanya tahu sedikit. “Partai juga kita agak blank,” katanya.

Namun adanya sosialisasi dari KPU Karawang dan Lapas Kelas II A Karawang pada Sabtu (3/2) kemarin, baginya cukup membantu. Meskipun untuk pemilihannya dia masih mengalami kebingungan. (*)