Beranda Tips & trik Nih Simak! Tips Mudah Merawat Ikan Cupang

Nih Simak! Tips Mudah Merawat Ikan Cupang

147
Ikan Cupang (Foto: Pixabay)

Beritapasundan.com- Ikan Cupang atau yang memiliki nama latin Betta Fish kini sedang di gandrungi oleh semua kalangan khususnya para pecinta ikan. Selain tampilannya yang indah dengan ekor yang memanjang ditambah warna nya yang cantik.

Selain dijadikan sebagai hiasan, ada juga yang menjadikan ikan ini sebagai ikan aduan bahkan dijadikan ajang kompetensi ada ikan cupang.

Nih tips merawat Ikan Cupang seperti dilansir dari gramedia.com agar ikan milik anda tetap tampil cantik.

1. Memilih Rumah untuk Ikan Cupang

Dengan rumah yang tepat akan membuat Ikan Cupang menjadi nyaman. Ikan Cupang memiliki sifat agresif terutama dengan sesama jenisnya, maka jangan menyatukan ikan lain atau Ikan Cupang lain dalam satu wadah atau tempat yang sama.

Baca Juga: Nih Mom! 6 Tips Mengusir Kutu Beras, Mudah dan Efektif

Habitat asli Ikan Cupang adalah rawa-rawa, sawah, dan perairan yang dangkal;. Oleh karena itu, Ikan Cupang sangat suka hidup di air yang dangkal, tetapi memiliki ruang yang yang luas.

Jika kita memilih akuarium sebagai tempat untuk merawat Ikan Cupang, alangkah baiknya memilih akuarium yang berukuran 19 liter atau lebih karena dengan akuarium tersebut dapat memperpanjang masa hidup Ikan Cupang dan Ikan Cupang dapat berkembang dengan pesat.

2. Perhatikan air dan suhu

Setelah mendapatkan tempat yang ideal, kemudian perhatikan air yang ada pada tempat Ikan Cupang karena air salah satu bagian penting dari keberlangsungan hidup Ikan Cupang. Air yang dimaksud ialah jenis dan volume air. Jenis air yang dapat digunakan untuk memenuhi akuarium ada dua jenis, yaitu air sumur atau air tawar.

Sedangkan volume air yang ideal untuk merawat Ikan Cupang adalah 40-60% dari akuarium. Mengapa hanya 40-60% volume air yang digunakan? Karena untuk menghindari ikan melompat keluar, Ikan Cupang dapat melompat sampai 7,5 cm.

Suhu yang baik bagi Ikan Cupang sekitar 24-270 Celcius. Pada suhu itu Ikan Cupang dapat merasa seperti hidup di habitat aslinya. Jika suhu air di bawah 24-270 Celsius, maka solusi terbaik ialah membeli pemanas mini yang berisi antara 4-11 liter atau meletakkan akuarium di dekat dengan radiator (sekitar 1 meter). Dengan salah satu dari dua hal itu, Ikan Cupang akan merasakan kehangatan dan mendapatkan suhu yang ideal.

1
2
3
Artikulli paraprakDuh! Belanja Online Bakal Dikenai Bea Materai 10 Ribu
Artikulli tjetërWarga Kondang Jaya Geger, Perempuan Gantung Diri di Kamar Kontrakan