Beranda Tips & trik Nih Simak! Tips Mudah Merawat Ikan Cupang

Nih Simak! Tips Mudah Merawat Ikan Cupang

194

Ikan Cupang (Foto: Pixabay)

3. Bersihkan air aquarium secara berkala

Ikan Cupang sangat rentan dengan lingkungan baru. Oleh karena itu, ketika membersihkan air sebaiknya tidak membuang air secara keseluruhan atau menyisakan sedikit dari air sebelumnya. Apa yang terjadi ketika mengganti atau membersihkan air secara keseluruhan?

Hal yang akan terjadi adalah ikan stres karena harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Setelah menyisakan air barulah isi air dengan volume air yang sudah ditentukan.

Seminggu sekali adalah waktu ideal untuk membersihkan akuarium Ikan Cupang. Jika kita sibuk atau malas mencatat jadwal untuk membersihkan akuarium, ada baiknya menggunakan alat penguji air. Alat penguji air merupakan sebuah alat yang dapat memantau akuarium dan dari alat ini dapat mengetahui apakah akuarium sudah waktunya dibersihkan atau tidak.

4. Memberi makan ikan secara rutin

Ikan Cupang termasuk ikan pencari makan pagi atau siang hari atau diurnal. Tentukan waktu makan secara rutin dan waktu makan yang ideal adalah dua kali sehari. Misalnya, memberikan waktu makan pada pagi hari dan sore hari.

Baca Juga: Buat Pasangan Bergairah, Wajib Coba Tips Ini

Ada beberapa makanan untuk Ikan Cupang, seperti cacing darah, jentik nyamuk, pelet, kuning telur, dan lain-lain. Sebelum memberikan makan alangkah baiknya bahan makanan diperiksa terlebih dahulu agar ikan tidak salah makan hingga ikan menjadi sakit.

Makanan ideal bagi cupang adalah cacing darah beku atau yang sudah dikeringkan. Makanan yang sudah dibekukan atau dikeringkan akan lebih aman digunakan sebagai makanan Ikan Cupang. Makanan ikan yang tersisa sebaiknya dibersihkan karena mengganggu kualitas air di akuarium.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memberi makan Ikan Cupang adalah jangan memberi makan secara berlebihan karena tidak bagus bagi kesehatan Ikan Cupang. Pemberian makan yang berlebihan dapat menyebabkan ikan sakit.

5. Cara memindahkan Ikan Cupang

Ketika membeli Ikan Cupang dan ingin dipindahkan ke akuarium sebaiknya membiarkan ikan di dalam kantong diletakkan di dalam akuarium yang sudah berisi air selama 15 menit agar ikan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Baca Juga: Berikut 5 Amalan Di Hari Jumat yang Sayang Dilewatkan

Ketika membersihkan Ikan Cupang jangan mengambill ikannya dengan saringan. Hindari penggunaan saringan ketika ingin menangkap Ikan Cupang karena dapat merusak siripnya yang halus. Alangkah baiknya ketika memindahkan Ikan Cupang menggunakan cangkir, kemudian ikan dimasukkan ke dalam cangkir dengan hati-hati baru dipindahkan.