Beranda News Mengenal Kegunaan Firepump dalam Memadamkan Api di TPA Jalupang

Mengenal Kegunaan Firepump dalam Memadamkan Api di TPA Jalupang

42
Mobil Pemadam Kebakaran (Foto: Ist)

KARAWANG – Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Rohmat Ilyas menjelaskan kegunaan alat firepump dalam memadamkan api di TPA Jalupang.

Firepump adalah alat yang dipinjam Pemerintah Kabupaten Karawang dari yayasan Yafari Aktripa Bandung untuk memadamkan TPA Jalupang yang hingga kini belum kunjung membaik.

“Kita direkomendasi oleh Damkar Pemkot Bandung, mobilnya seperti damkar biasa tapi asli Jepang. Isinya pompa mesin, jadi gaperlu bulak-balik pake mobil itu mah,” ungkapnya saat diwawancarai pada Jum’at, (10/11).

Baca juga: Kebakaran TPA Jalupang Belum Padam, DLHK Pinjam Alat Milik Pemkot Bandung

“Firepump fungsinya nyedot dari saluran air irigasi, pake selang panjang 20 dan 30 meteran. Baru dioperasikan kemarin jam 5 sore, mudah-mudahan makin efektif,” ujarnya.

Ia memaparkan, untuk menambah efektivitas pihaknya juga meminjam 6 pcs alat nosel khusus ke Bekasi dan kemudian membuat nosel sendiri sebanyak 5 pcs.

Nantinya 11 nosel khusus tersebut ditancapkan di 11 titik di TPA Jalupang, dan air secara mandiri akan disemprotkan oleh masing-masing nosel yang tertancap ditempat sampah.