Beranda News KPU Karawang Sukses Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024

KPU Karawang Sukses Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024

11
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KARAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang mencatat, tingkat partisipasi Pemilu 2024 di Kabupaten Karawang mencapai 82 persen.

Jumlah tersebut melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yakni 79,5 persen.

“Alhamdulillah partisipasi pemilu serentak 2024 di Karawang melampaui target nasional, yaitu 82 persen,” ungkap Kepala Divisi Parmas dan SDM KPU Karawang, Ikmal Maulana, Minggu, 31 Maret 2024.

Baca juga: Bawaslu Karawang Minta 4 Anggota PPK Diberhentikan secara Tetap sebagai Penyelenggara

Ia menjelaskan, tingkat partisipasi pemilih dihitung berdasarkan penggunaan hak pilih yang ada pada daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK). Adapun DPT Karawang berjumlah 1.779.207 pemilih.

Ikmal merinci, untuk Pilpres presentase pemilih mencapai 82,73 persen. Sedangkan pemilihan DPR RI di angka 82,60 persen.

Kemudian pemilihan DPD RI 82,64 persen, lalu DPRD Provinsi sebanyak 82,59 persen. Terakhir DPRD Kabupaten mencapai 82,38 persen.

Ikmal menambahkan, partisipasi pemilu tahun ini juga mengalami peningkatan dibanding Pemilu 2019 kemarin. “Partisipasi pemilu sebelumnya 80,03 persen. Artinya untuk pemilu sekarang mengalami peningkatan,” katanya.

Baca juga: KPU Resmi Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Tingginya partisipasi pemilih di Karawang, menurutnya tidak lepas dari kerja keras yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan, baik KPU, Pemkab Karawang, parpol dan lainnya.

“Karena memang bukan pekerjaan mudah untuk terus mengajak masyarakat datang ke TPS (tempat pemungutan suara), maka kami anggap capaian ini berkat kerja sama seluruh pihak yang menginginkan pemilu sukses,” paparnya.

Dia lantas mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Karawang yang telah menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari kemarin. “Tentu kami berterimakasih kepada masyarakat yang sudah menggunakan hak pilihnya. Kami harap trend positif ini bisa terus berlanjut ke depannya,” tutupnya. (*)