Beranda News Kiai Oman Kenang Haji Aep Syaepuloh Sosok yang Mencintai Ulama

Kiai Oman Kenang Haji Aep Syaepuloh Sosok yang Mencintai Ulama

4
Bupati Karawang saat menghadiri acara di Ponpes di Karawang (Foto: Ist)

KARAWANG- Posisi terhormat kiai pada dasarnya berangkat dari ajaran bahwa Islam menekankan pentingnya ilmu pengetahuan yang harus dicapai oleh setiap umat Islam.

Derajat terhormat kiai merupakan sesuatu yang melekat, karena masyarakat memandang penting pengetahuan agama dalam kehidupan mereka, kiai adalah sumber dari pengetahuan penting itu. Kiai juga sebagai pijakan untuk memenuhi kebutuhan sosial yang terkait dengan kehidupan keagamaan seperti halnya acara kelahiran anak dan prosesi kematian serta aktivitas lainnya.

Hubungan yang dekat antara kiai dengan masyarakat yang secara khusus menempatkan kiai pada posisi penerjemah yang memberi penjelasan dalam konteks keagamaan dan mengklarifikasi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.

Baca juga: Sosok Haji Aep Syaepuloh Dimata Kiyai

Kiai juga menafsirkan semua perkembangan dan perubahan dalam bidang sosial-budaya agar umat Islam, khususnya di desa-desa dapat memahami situasi tersebut. Ini membuktikan peran kiai lahir dari posisinya, baik sebagai pemimpin maupun pengajar agama yang sering kali disertai dengan kepemimpinan yang kharismatik.

Dus, Kiai sebagai figur sosial-keagamaan, berusaha membawa masyarakat ke situasi yang dicita-citakan sebagaimana dikonseptualisasikan Islam.

Salah satu faktor yang mendukung posisi terhormatnya kiai di tengah-tengah masyarakat adalah kiai merupakan orang berpengatahuan luas yang kepadanya masyarakat belajar pengatahuan agama.

Kepandaian dan pengetahuan yang luas tentang Islam menyebabkan kiai selalu mempunyai pengikut, baik pengikut informal yang menghadiri pengajian/ceramah dan para santri yang tinggal di pondok pesantren. Hubungan antara kiai dengan masyarakat diikat dengan emosi keagamaan yang membuat kedudukan kiai semakin kuat dan apa lagi kiai yang memimpin sebuah pesantren secara otomatis akan mendapat dukungan dari penduduk sekitarnya.

Baca juga: DPD PKS Karawang Resmi Usung Aep Syaepuloh di Pilkada 2024

Salah satu sosok kiai sepuh di sebuah pesantren tua di Karawang yang sudah melahirkan ribuan alumni yang tersebar di pelosok Kabupaten Karawang dan bahkan banyak alumni pesantren tersebut telah mendirikan pondok pesantren sendiri.

Sosok kiai tersebut adalah KH. Oman Abdurahman yang saat ini sebagai kiai sepuh Pondok Pesantren Nihayatul Amal yang lokasi di Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Kiai Oman Abdurahman merupakan mantu dari Almagfurlah Al ‘alim Al ‘allamah KH Ahmad Bushaeri, pendiri Pondok Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang.

Di tengah kesibukan mempersiapkan menyambut kehadiran Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh untuk meresmikan gedung MTs Nihayatul Amal Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jumat, 5 Juli 2024.