Beranda Khazanah Berikut 5 Amalan Di Hari Jumat yang Sayang Dilewatkan

Berikut 5 Amalan Di Hari Jumat yang Sayang Dilewatkan

168

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

2.Perbanyak Dzikir dan Doa

Ini adalah amalan hari Jumat yang bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk laki-laki dan perempuan.

Dzikir adalah mengingat Allah yang meski bisa dikerjakan kapan saja, namun ada baiknya hal tersebut juga diperbanyak untuk dilakukan pada hari Jumat.

Ada banyak manfaat berdzikir yang dilakukan pada hari Jumat.

Ini pun mendapat penjelasan dalam Alquran saat Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…,” (Al Jumu’ah: 9).

Baca Juga: Dirut Jasa Raharja Prediksi Pemudik Tahun Ini Capai 85 Juta Jiwa

Terkait dengan memperbanyak doa, Rasulullah SAW bersabda:

“Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya,” (HR Bukhari).

3. Perbanyak Amal Ibadah

Kaum perempuan juga bisa mendapatkan keutamaan hari Jumat tidak kalah dengan laki-laki yang mengerjakan sholat Jumat.

Misalnya dengan meningkatkan jumlah rakaat sholat sunnah, memperbanyak sedekah, menambah bacaan Alquran, lebih banyak menolong sesama, dan sebagainya.

Imam Ja’far Shadiq berkata:

“Malam dan hari Jumat itu memiliki hak, maka jangan menyia-nyiakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal sholeh dan tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah telah melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan dan mengangkat derajat.

Hari Jumat sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan shalat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia.”