Beranda Khazanah Berikut 5 Amalan Di Hari Jumat yang Sayang Dilewatkan

Berikut 5 Amalan Di Hari Jumat yang Sayang Dilewatkan

167
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Beritapasundan.com- Hari Jum’at menjadi raja nya hari, sayang jika dilewatkan dengan sia- sia, alangkah baiknya jika dilewatkan dengan memperbanyak shalawat, membaca Al Qur’an dan berdzikir.

Untuk menjelaskan tentang besarnya pahala amalan hari Jumat ini, dalam Alquran Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.

Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung,” (QS Al-Jumu’ah: 9-10).

Baca Juga: Cocok Untuk Sahur! Berikut Resep Pecak Ikan Bumbu Kacang

Seperti dilansir dari Orami.co.id– banyak amalan yang dianjurkan di hari Jum’at diantaranya:

1. Perbanyak Sholawat

Jika di hari biasa saja akan mendatangkan pahala, maka membaca sholawat saat hari Jumat akan dilipat gandakan pahalanya sebagai amalan hari Jumat. Bukan hanya pahala, Rasulullah SAW juga menjanjikan posisi yang dekat dengan beliau saat hari kiamat yang tentunya amat diinginkan oleh kaum muslimin.

Rasulullah SAW bersabda:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti,” (HR Al-Baihaqi).