Beranda Headline Bawaslu Karawang Ajak Elemen Masyarakat Awasi Masa Tenang Pemilu 2024

Bawaslu Karawang Ajak Elemen Masyarakat Awasi Masa Tenang Pemilu 2024

12
Bawaslu Karawang gelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Masa Tenang (Foto: Ist)

KARAWANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif di Hotel Akshaya Telukjambe Timur, Senin (12/2/2024)

Dalam kegiatan tersebut turut mengundang
berbagai elemen masyarakat dari tokoh lintas agama, tokoh pemuda, OKP, komunitas, LSM, perwakilan perempuan dan pemilih pemula.

Selanjutnya Bawaslu Karawang dalam sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut, juga memberikan pemaparan pemateri profesional dari akademisi perguruan tinggi, untuk memberi edukasi pendidikan politik serta melakukan diskusi terbuka diikuti kurang lebih 150 orang peserta yang hadir.

Baca juga: Polda Jabar Cek Gudang KPU Karawang, Pasti Distribusi Logistik Lancar

Komisioner Bawaslu Karawang, Ade Permana mengungkapkan pengawasan partisipatif ini penting dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peran masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Pengawasan Partisipatif ini tujuan nya tentu untuk menekan angka pelanggaran Pemilu khususnya di masa tenang sekarang ini,” kata Ade.

Dia mengajak kepada elemen masyarakat untuk melaporkan jika ditemukan dugaan pelanggaran Pemilu saat masa tenang dan masa pungut hitung suara.

“Dimasa tenang ini tidak boleh ada lagi peserta Pemilu yang melakukan kampanye, dan APK pun telah kami bersihkan,” ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Akan Lakukan Patroli Guna Hadapi Ancaman Politik Uang di Masa Tenang

Di tempat yang sama Ketua 1 Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Karawang, Maskur menanggapi dan menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Karawang terkait kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama masyarakat.

“Alhamdulillah, FKUB Karawang mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Karawang, pada tahapan masa tenang Ini, telah mengadakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif yang mengundang dari berbagai elemen masyarakat,” ucapnya.

Selain itu Ia berharap pada 14 Februari 2024 nanti, menghadapi pemilu yang damai masyarakatnya yang rukun, lebih tenang, lahir dan batin dalam menentukan pilihan, memilih pemimpin – pemimpin terbaik bagi bangsa Indonesia ke depan.

“Mudah -mudahan pemilu berjalan lancar, aman, rukun dan damai,” tutupnya.