Beranda Kesehatan 8 Manfaat Telur Puyuh, Kaya Nutrisi Sehat Untuk Otak

8 Manfaat Telur Puyuh, Kaya Nutrisi Sehat Untuk Otak

12
Manfaat telur puyuh
Manfaat Telur Puyuh

beritapasundan.com – Telur puyuh, meskipun memiliki ukuran kecil, ternyata mengemas sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beragam manfaat yang dimiliki telur puyuh untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Naga Buat Tubuh, Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut 8 manfaat mengkonsumsi telur puyuh:
Manfaat telur puyuh
Telur Puyuh (Foto: Istimewa/net.)
1. Kaya Nutrisi

Meskipun kecil, telur puyuh kaya akan nutrisi. Ia mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin B kompleks (termasuk vitamin B12 yang penting untuk kesehatan saraf), vitamin D, fosfor, zat besi, dan selenium.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Telur puyuh mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang terkait dengan kesehatan mata yang baik. Kedua senyawa ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan degenerasi makula, serta menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan omega-3 dalam telur puyuh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena menurunkan kadar trigliserida dalam darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Baca juga: Manfaat Diet Clean Eating Bagi Kesehatan, Simak Penjelasan Berikut

4. Membantu Pembentukan Tulang

Kandungan fosfor dalam telur puyuh mendukung kesehatan tulang dan gigi dengan membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan struktur tulang.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Nutrisi dalam telur puyuh, seperti vitamin B12 dan zat besi, berperan penting untuk optimalisasi fungsi otak. Konsumsi telur puyuh juga dapat membantu kita menjaga kognisi dan mencegah risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan protein, vitamin, dan mineral dalam telur puyuh dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut lho. Protein dalam telur puyuh membantu memperbaiki jaringan kulit dan rambut yang rusak, sementara vitamin dan mineralnya mendukung pertumbuhan dan kekuatan struktural.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan

7. Pilihan Protein Sehat

Telur puyuh merupakan sumber protein yang sehat dan rendah lemak, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk memenuhi kebutuhan protein harian tanpa menambah banyak lemak jenuh.

8. Bisa Dikonsumsi dalam Berbagai Cara

Telur puyuh dapat dimasak dengan berbagai cara, termasuk direbus, digoreng, atau ditambahkan menjadi topping suatu makanan. Kemampuannya untuk disesuaikan dengan berbagai hidangan membuatnya menjadi pilihan yang fleksibel untuk berbagai macam resep.

Jadi jangan salah, meskipun ukurannya kecil telur puyuh adalah makanan dengan sumber nutrisi yang kuat dan memiliki beragam manfaat kesehatan.