Beranda News PPK Karawang Barat Ajak Gen Z Melek Pemilu

PPK Karawang Barat Ajak Gen Z Melek Pemilu

37
PPK Karawang Barat sosialisasi Pemilu ke Gen Z (Foto: Ist)

KARAWANG – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Karawang Barat menggelar sosialisasi pemilu kepada generasi zoomers (gen z).

Sosialisasi tersebut menyasar para pemilih pemula kalangan generasi zoomers di SMK Negeri 2 Karawang pada Kamis, 16 November 2023.

Ketua PPK Kecamatan Karawang Barat, Yusuf Sopian menyampaikan, para pemilih pemula berusia 17 tahun menjadi target utama sosialisasi. Sebab, di 2024 mendatang mereka akan menjadi partisipan suara pada pemilihan umum.

Baca juga: Bawaslu Karawang Bersama Tim Gabungan Tertibkan APK Caleg yang Membandel

“Ini pengenalan untuk gen z, apa saja yang akan mereka pilih saat pemilu 2024 nanti. Lalu, hak, aturan dan larangan sebagai pemilih juga kita sampaikan untuk pengetahuan mereka,” ujarnya.

Saat sosialisasi, Yusuf memaparkan kepada para siswa, bahwa pemilih pemula nantinya akan memilih 5 surat suara yang terdiri dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Ia mengatakan, sosialisasi ini akan terus berlangsung hingga pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. Adapun sasarannya, PPK Karawang Barat akan menyasar lingkungan pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi.

Baca juga: KPU Tetapkan Nomor Urut Ketiga Paslon di Pilpres 2024

“Hingga menjelang pemilu 2024 nanti, bukan hanya ke sekolah, kita juga menggelar sosialisasi ke Universitas di lingkungan Kecamatan Karawang Barat. Dengan harapan partisipasi pemilih di Karawang meningkat dan dapat sesuai target dari KPU Karawang yang mencapai 85 persen,” katanya.

Di samping itu, Fitri (17) salah satu siswi SMKN 2 Karawang menyebutkan, sosialisasi yang dilakukan oleh PPK Karawang Barat sangat membantu para gen z. Dengan adanya sosialisasi, para pemilih pemula memiliki gambaran mengenai pemilu yang akan datang.

“Sangat membantu bagi kita yang masih awam dan baru mendapatkan hak pilih pada pemilu 2024 nanti,” pungkasnya.